Orang Rusia jual potongan meteorit

Orang Rusia jual potongan meteorit

Moskow (ANTARA News) – Bagian meteorit paling besar yang tersedia secara komersial, yang jatuh di Chelyabinsk di Rusia pada awal tahun ini, telah ditawarkan untuk dijual, demikian laporan media lokal, Minggu.

Batu antariksa itu, yang memiliki bobot 3,36 kilogram dan diberi sertifikat oleh Chelyabinsk State University, didaftar di satu jejaring iklan dengan kata-kata “meteorit serius untuk orang yang serius”, kata kantor berita RIA Novosti.

Alexei Usenkov, penemu dan pemilik objek langit tersebut, telah mengajukan penawaran harga 2,1 juta ruble (sebanyak 65.000 dolar AS) untuk meteorit itu, demikian laporan Xinhua.

Menurut laporan media setempat, Usenkov telah menemukan beberapa meteorit lebih kecil tapi telah menyerahkan benda angkasa tersebut ke teman dan kerabatnya. Ia mulanya bermaksud menyimpan potongan yang lebih besar atau menyerahkannya kepada museum, tapi berubah fikiran setelah mengetahui ada operasi di danau Chebarkul dan di Ural dan khawatir potongan meteorit lain dapat terpancing.

Usenkov mengatakan ia mulanya berharap akan menemukan pembeli sebelum peringatan pertama serangan meteorit pada 15 Februari, ketika benda angkasa itu membuat tak kurang dari 1.500 orang cedera dan beberapa bangunan rusak.

Editor: Ella Syafputri

Related Posts

No comments