Gunung Kidul (ANTARA News) – Paguyuban Ketoprak dari Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, maju dalam festival ketoprak tingkat provinsi karena memenangkan festival ketoprak antardesa budaya yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan setempat.

“Festival ketoprak digelar di Balai Desa Bejiharjo Karangmojo selama tiga malam yakni 10–12 Agustus 2014,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunung Kidul Saryanto di Gunung Kidul, Rabu.

“Penilaian grup ketoprak tingkat kabupaten ini diikuti oleh 10 grup ketoprak dari 10 desa budaya di Kabupaten Gunung Kidul. Kami berharap, festival ini melahirkan bibit baru ini,” katanya.

Ia mengatakan selama ini acara budaya seperti ketoprak sudah semakin ditinggalkan oleh generasi muda, sehingga perlu regenerasi, kreasi dan pelestarian.

“Kita wajib menjaganya dan menumbuhkan semangat untuk terus berkarya,” kata dia.

Kepala Desa Kepek, Bambang Setyawan mengaku bangga desanya mampu menyisihkan sembilan kelompok lainnya dalam festival kali ini.

“Dari 40 pemain, mayoritas pemain merupakan pemula, dan kami tidak menyangka bisa menang,” kata Bambang.

Bambang mengatakan untuk melakukan pementasan “babad alas nongko doyong” yang mengisahkan berdirinya Wonosari oleh Ki Demang Wonopawiro, pihaknya melakukan latihan selama dua bulan. “Kami mempersiapkan lomba ini sejak dua bulan lalu,” kata dia.

Adapun dewan juri alam festival ini adal pemain Ketoprak RRI, Sugiarto, seniman Tembi Rumah Budaya Ignasius Wahono, dan seniman Ketoprak Yogyakarta Pardiman Joyo Negoro.

Ignatius Wahono mengatakan, beberapa unsur penilaian yang diterapkan oleh dewan juri antara lain dialog, akting, bloking, kostum dan tata rias. “Dari beberapa unsur tersebut, desa kepek unggul, dan kami memilihnya sebagai juara,” kata Wahono.

Dia menambahkan, sebagian peserta menampilkan cerita mengenai asal usul daerah masing-masing, seperti Desa Kepek menampilkan asal usul daerah Gunung Kidul dan perwakilan Kecamatan Rongkop, mereka dalam pentas itu menampilkan asal usul terbentuknya Desa Jerukwudel.

Saryanto pun berharap, Desa Kepek sebagai wakil Gunung Kidul bisa menampilkan terbaik dalam festival Kethoprak tingkat DIY nanti.

“Kepada desa budaya yang terpilih, semoga dapat menyuguhkan yang terbaik di tingkat DIY dan memberikan yang terbaik kepada Kabupaten Gunung Kidul,” kata dia.
(KR-STR/H008)

Editor: Ruslan Burhani