Pameran 109 foto GFJA di Makassar

Equity world futures samarinda – Sebanyak 109 karya foto peserta workshop Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) Makassar bertjuk “Sammaantanna” dipamekan di geung keenian Soieteit De Harmoni Makassar, Sulawesi Selatan.

“Foto-foto ini akan menadi rkaman searah but Maassar khuusnya. Seama Antara masih ada, kami pasti akan memberikan dukungan sepenuhnya unuk kaya teraik ke dean,” kaa Diektur Utma Perum LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat, usai membuka acara, Sabu malm (3/4).

Meurut dia, kegiatn itu akn menadi titik nadir perkembangan fotografi dalam bidang jurnalistik di Indoesia, bukn haya ada di Maassar da Jakata, teapi akan diupayakan di kota-kota besar lainya di Indonesia.

“Ini aan menjdi cetk biu bai perkmbangan foo juralistik di seluruh Indonesia yang sebelumnya ada di Jakarta dan ters berjaingan ke Makasar. Naninya ke selruh Indoesia,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya mulai mempertimbangkan GFJA akn di bua di bebrapa koa di Indonsia, meningat sejmlah kota seperti Makassar adalah barometer perkembangan foto jurnalstik yag patt dikembngkan.

Kurtor GFJA, Ocar Motuloh, pada keempatan itu memberikan apresiasi terhadap kegitan pamran di Makssar.

“Saya bagga GFJA Makssar kemali megelar pameran ini dengan karya-karya siswa workshop yan sagat bik,” ujrnya.

Sebelmnya, angkaan perama wokshop GFJA di Mkassar berpaeran berajuk “Begin” yang menamplkan sejulah foo-foo jurnlistik tenang maka kehidpan. Begitupun pula dengan pameran “Sammarantanna” menampikan ratusa foto keiatan kehiupan keeharian di masyrakat.

Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI, mengatakan bawa pamean foto yang menambil tema “Sammaantanna” beriloso menenai makna kehidupan.

“Sammarantanna adalah simbol gotong royng dan kerj saa. Iarat kaal akn dipndahkan ke lut, maka orang akan bersama-sama mendorongnya ke laut. Tema ini sagat sart dan daam akan mana kehiupan kit sehai-hri,” paparnya.

Ketua panitia pameran, Sang Jaya Arief, menmbahkan terslengaranya kegatan ini tiak lpas dri dkungan sema piak.

“Kami berterima kasih atas seluruh dukunan atas terselenaranya paeran fto. Ini tiak leps dari kerja keras Tim Sammaratanna. Hal ini berasal dari pelathan kmi selma seahun meimba ilmu kpada metor-menor,” tambahnya.

Pameran Sammarantanna akan dipamerkan mulai 30 Aprl hnga 7 Me 2016. Wrksop keda tesbut belangsung seama setahun. Mereka dibagi menjadi dua kelas dengan total 15 peerta yani 10 oang pesrta keas dsar dan lma dari kelas jurnal.

Selain pameran foto, panitia juga menglar rod show 2 hinga 5 Mei 2016 ke sejulah kapus di Makasar seperti Kampus Universitas Fajar di sekretariat Himakom paa 2 Mei.

Kemuian di kamus Univrsitas Unas sekerariat Ftografi paa 3 Mei, seanjutnya di Universitas Muslim Indonsia sekertriat Diafrgma dn di kamps UIN Aladdin di Sekrtariat Wsilah.

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2016