Palembang (ANTARA News) – Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Iskandar M Sahil minta kaum ibu selalu mewaspadai keberadaan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Kaum ibu hendaknya dapat selalu mengikuti perkembangan sosial termasuk soal ISIS, kata Pangdam II/Sriwijaya, saat pembekalan bela negara di hadapan kader PKK Sumsel, di Palembang, Kamis.

Lebih lanjut dia mengatakan, bela negara harus menjadi kesadaran bagi semua pihak, termasuk mewaspadai gangguan keamanan dari luar.

Apalagi kalangan ibu dapat berpartisipasi dalam mendidik anak, sehingga harus selalu peduli terhadap lingkungan.

Menurut dia, mendidik anak dengan baik dan benar itu juga salah satu bentuk berpartisipasi dalam bela negara, karena anak-anak nantinya akan menjadi pimpinan negara dan bila terididik dengan baik maka ke depan Indonesia memiliki tulang punggung yang kuat.

“Jadi pendidikan dasar untuk anak kecil atau anak-anak di sekolah dalam konteks bela negara pun tidak sulit dilakukan di antaranya mengenali sejarah, jasa dan peranan para pahlawan,” ujar dia pula.

Menurut Pangdam Sriwijaya, terkait ISIS pihaknya juga berkoordinasi dengan aparat kepolisian.

Memang, lanjut Pandam, secara internal pihaknya terus memantaunya, dan sejauh ini kepolisian bekerja dengan baik untuk melacak keberadaan perkembangan ISIS.

Menurutnya, Kodam II/Sriwijaya sudah menginstruksikan kepada Asintel dan jajarannya untuk mewaspadainya.

Pihaknya mengingatkan kaum ibu dapat mengarahkan anak-anak mereka, agar tidak mudah menerima tawaran dengan beragam iming-iming.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015