Equityworld Futures – Kalangan pelajar mendominasi arus balik para pemudik lebaran susulan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, yang habis masa libur sekolahnya.

GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Eddy Hermawan di Bakauheni, Sabtu malam mengatakan, penumpang lebih didominasi kalangan pelajar dan keluarganya. Keluarga yang memiliki anak pelajar karena Senin (18/7) sekolah mulai aktif kembali.

“Arus balik sebagian besar sudah kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni. Pejalan kaki hingga Jumat (15/7) sampai pukul 08.00 wib sudah lebih 10 persen dari total arus mudik di Pelabuhan Merak Banten,” kata dia.

Ia menyebutkan, selisih perbandingan antara arus mudik dari Merak dan arus balik di Bakauheni untuk jumlah penumpang masih belum kembali sebanyak dua persen. Tapi, itu hanya penumpang dalam kendaraan saja, untuk pejalan kaki sudah mencapai 110 persen atau sebanyak 149.726 orang dari 136.409 orang.

Sementara untuk pemudik motor baru mencapai 88 persen atau mencapai 65.433 unit terdapat selisih karena saat mudik tercatat 74.556 unit dari arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten.

Ia meyakini, arus balik pemudik sudah terlayani sepenuhnya. “Kalau belum, besok menjadi hari terakhir libur sekolah jadi semua dipastikan habis sampai besok,” ujarnya.

Eddy mengatakan, pemudik yang melakukan perjalanan karena Senin anak-anaknya mulai masuk sekolah. Eddy menirukan pernyataan pemudik bahwa Senin (18/7) anak-anak sudah mulai masuk sekolah. “Kalau pada Minggu ini lebih didominasi pelajar yang memasuki masa orientasi siswa baik SMP maupun SMA,” katanya.

Ia bersyukur baik arus mudik maupun balik sudah berjalan dengan baik dan lancar sehingga pemudik dapat diseberangkan tanpa mengalami kemacetan atau antrean panjang yang membuat pemudik kelelahan.

“Alhamdulillah semua sudah berjalan lancar, ya kalau hambatan besar tidak ada, kalau teknis pasti ada namun itu tidak mempengaruhi optimalisasi pelayanan,” kata dia menjelaskan.

Berdasarkan data Posko Angkutan Mudik/Balik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah/2016 Masehi pada H+9 di Pelabuhan Bakauheni tercatat penumpang baik pejalan kaki maupun dalam kendaraan mencapai 33.149 orang sedangkan kendaraan roda dua sebanyak 2.692 unit, kendaraan roda empat 3.130 unit dan truk sudah mulai beroperasi mencapai 804 unit. – Equity world Futures