Equityworld Futures, PT Pelindo I (Persero) akan fokus pada tiga titik pelabuhan dalam mempersiapkan angkutan Lebaran 2017.

Tiga titik pelabuhan di wilayah operasional Pelindo I itu yakni Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Tanjung Balai (Sumatera Utara) serta Pelabuhan Dumai (Riau).

“Fokus kami untuk angkutan Lebaran di Pelabuhan Belawan, Tanjung Balai dan Dumai karena itu pintu masuk orang mudik,” kata Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Kamis.

Bambang menjelaskan, Pelabuhan Tanjung Balai dan Dumai menjadi salah satu titik penting lantaran merupakan pintu masuk tenaga kerja Indonesia (TKI) yang akan kembali ke Pulau Jawa.

sub title

Equityworld Futures

Ada pun Pelabuhan Belawan menjadi titik penting karena banyak pelayaran dari Batam melewati Belawan bagi pemudik yang akan kembali ke Pulau Sumatera.

Bambang mengatakan khusus di Pelabuhan Belawan, pihaknya bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut untuk menggelar mudik gratis dari Batam ke Belawan.

Selain itu, nantinya di Pelabuhan Belawan akan disediakan angkutan pengumpan ke terminal bus.

“Kan di dalam tidak ada angkutan umum. Nanti ada juga bis gratis dari Tanjung Asih, Balai Asahan ke Kualanamu bagi TKI yang mudik. Kalau dari Dumai kita bawa TKI ke Pekanbaru. Kemudian dari Pekanbaru, H-3 kami siapkan 10 bus gratis ke Padang,” ujarnya.

Bambang menambahkan, untuk mendukung program-program tersebut, perusahaan pelat merah itu akan menggunakan anggaran tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

“Tidak kita batasi. Nanti kita hitung kebutuhan masyarakat berapa,” katanya.

Pemerintah tengah mempersiapkan kelancaran transportasi untuk momentum mudik-balik Idul Fitri tahun ini yang jatuh sekitar akhir Juni mendatang.

Persiapan angkutan Lebaran akan menyeluruh mulai dari jalur darat, laut dan udara.

Equityworld Futures