Pelni siapkan satu kapal tambahan Batam–Jakarta

Pelni siapkan satu kapal tambahan Batam–Jakarta

Batam (ANTARA News) – Kepala PT Pelni Cabang Batam, Firman Rachimin, mengatakan Dirjen Perhubungan Laut merekomendasikan KM Sinabung untuk membantu KM Kelud mengangkut pemudik dari Pelabuhan Beton Batam tujuan Tanjung Priok Jakarta.

“Dirjen Perhubungan Laut memperkirakan akan terjadi kenaikan arus mudik melalui jalur laut dari Batam tujuan Jakarta. Jadi ruta Batam–Jakarta ditambah satu kapal, yaitu KM Sinabung,” kata dia di Batam.

Kapal bantuan tersebut akan melayani masyarakat yang hendak mudik merayakan Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah dari Batam menuju Tanjung Priok Jakarta sekali pelayaran.

“KM Sinabung sifatnya hanya diperbantukan satu kali rute perjalanan saja, yaitu Kamis (24/7), karena perkiraan akan ada lonjakan penumpang,” kata dia.

Jadwal kapal untuk rute Batam-Tanjung Priok keberangkatannya pada Senin (21/7) dan Rabu (30/7) akan dilayani dengan KM Kelud yang selama ini melayari jalur tersebut satu kali sepekan. Sedangkan keberangkatan menggunakan kapal bantuan KM Sinabung pada Kamis (24/7).

Untuk rute Batam-Belawan, kata dia, mendekati Idul Fitri tetap dilayani menggunakan KM Kelud tepatnya pada Sabtu (19/7), Kamis (24/7) serta Sabtu (26/7).

“Jadi masing-masing rute dilakukan penambahan satu kali pelayaran. Untuk tujuan Tanjung Priok dengan KM Sinabung pada 24 Juni, sementara ke Belawan dengan KM Kelud pada 24 Juni juga,” kata dia.

Firman memperkirakan peningkatan pengguna transportasi laut terutama dengan armada PT Pelni dari Batam untuk dua tujuan tersebut pada Idul Fitri 1435 Hijriyah mencapai empat persen.

“Libur panjang sekolah hingga usai lebaran akan berdampak pada peningkatan pemudik menggunakan kapal PT Pelni,” kata Firman.

Selain menggunakan kapal milik PT Pelni, arus mudik dari Batam biasanya menggunakan transportasi laut dari Pelabuhan Domestik Sekupang dengan tujuan sejumlah daerah di Provinsi Riau, Jambi dan pulau-pulau sekitar Batam yang masuk Provinsi Kepri.

Arus mudik dengan jarak lebih jauh biasanya dilayani dengan penerbangan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam tujuan sejumlah Kota di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.
(KR-LNO)

Editor: Ella Syafputri

Related Posts

No comments