Jakarta (ANTARA News) – Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada para warakawuri, keluarga dan janda pahlawan perintis kemerdekaan.

“Acara silaturahmi ini sebagai wujud penghargaan dan rasa terima kasih dari pemerintah dan generasi muda kepada Perintis Pejuang Kemerdekaan dan Keluarga Pahlawan,” kata Kepala Dinsos DKI Jakarta Masrokhan pada silaturahmi di Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis (3/9).

Masrokhan mengatakan ada 115 orang undangan dari warakawuri beserta keluarga pahlawan serta pemberian penghargaan dari Gubernur, seperti bingkisan dan uang yang ditransfer ke rekening masing-masing.

Selain itu, silaturahmi ini memiliki arti penting, khususnya bagi para pinisepuh (orang yang dianggap berjasa), karena bisa saling berjumpa dan melepas rindu sesama perintis dan pejuang kemerdekaan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyampaikan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

“Kita lupa kalau kita dilahirkan sebagai bangsa pejuang. Banyak negara yang kemerdekaannya diberikan negara lain, namun kita mendapatkannya dengan berjuang. Oleh karena itu, kita harus berjuang tanpa menyerah dalam situasi apapun,” kata Djarot.

Djarot mengatakan bahwa kemerdekaan ada dua tahap, yakni revolusi Indonesia untuk meraih kemerdekaan yang sudah dilakukan oleh pahlawan dan revolusi mental dengan membangun karakter bangsa Indonesia.

“Sekarang sepertinya kita sudah kehilangan arah karena ego. Kita lupa jasa pahlawan yang bertaruh nyawa untuk kemerdekaan. Perjuangan kita belum ada apa-apanya dibanding para pahlawan,” ujar Djarot.

Silaturahmi yang diikuti oleh 250 undangan ini juga diisi dengan hiburan berjoged dan bernyanyi bersama oleh Wagub DKI Jakarta dan keluarga pahlawan.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015