Bandung (ANTARA News) – Saat berlangsungnya “Deklarasi Dukungan untuk Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Hebat Jokowi (Hejo)” di Bandung, Kamis tampak pemandangan yang unik saat ratusan relawan yang hadir memegang bungkusan plastik berisi keripik singkong dengan label “Keripik Jokowi”.

Seorang pengusaha keripik “Abah Bejo” asal Kopo Sayati Kabupaten Bandung Adang Arifin menjelaskan dirinya membuat label baru “Keripik Jokowi” untuk membantu sosialisasi Pemilu Presiden 2014 khususnya bagi pasangan Jokowi-Jusuf Kalla. “Pada deklarasi ini kami membagikan hampir 1.000 bungkus ‘Keripik Jokowi’ agar masyarakat mengetahui bahwa ada sosok yang pantas memimpin bangsa ini,” katanya.

Keripik singkong ini dibungkus dalam sebuah plastik yang berlabel “Keripik Laskar Jokowi Sederhana dan Merakyat” dengan lukisan Jokowi mengenakan “iket” Sunda berikut tulisan “blusukan sudah biasa, merakyat tidak mendadak”.

Adang mengatakan ide pembuatan keripik Jokowi ini muncul saat dirinya juga membantu teman yang ikut mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 9 April lalu. “Saya terinsiprasi untuk melakukan hal yang sama untuk Pak Jokowi dan hal ini tanpa ada instruksi dari siapapun,” ujarnya.

Untuk selanjutnya, kata Adang, ia berencana akan melakukan penjualan keripik ini di setiap titik keramaian di Kota Bandung dan sekitarnya. “Saya bukan pengusaha besar jadi promosinya hanya pada hari ini saja dan untuk selanjutnya akan menjual keripik ini,” katanya.

“Satu bungkus keripik akan dijual Rp5.000 dan setiap harinya akan menjual 1.000 bungkus hingga akhir masa kampanye dan hasil penjualannya akan saya ‘putar’ untuk memproduksi keripik selanjutnya,” jelasnya.

Ia menambahkan memproduksi keripik berlabel Jokowi juga lebih bermanfaat ketimbang mencetak pamflet sosialisasi yang biasanya langsung dibuang. “Saya juga berharap ‘Keripik Jokowi” akan memberikan keberkahan buat saya sebagai pengusaha kecil,” ujar Adang.

Adang menjelaskan nama keripik “Abah Bejo” juga memiliki kepanjangan tersendiri yaitu Asli Banteng Bela Jokowi (Abah Bejo). “Intinya saya memang pendukung Jokowi,” katanya.

Pemilu Presiden 9 Juli 2014 diikuti oleh pasang kandidat Presiden dan Wakil Presiden yaitu Jokowi-Jusuf Kalla yang didukung oleh lima partai yaitu PDI Perjuangan, Partai Nasdem, PKB, Hanura dan PKPI, serta pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa didukung oleh enam partai yaitu Gerindra, PAN, PPP, Golkar, PKS dan PBB.

Editor: Fitri Supratiwi