Equityworld Futures – Pidato ketua Bank Sentral AS Federal Reserve, Janet Yellen pada pertemuan di Jackson Hole, Wyoming Kansas City pada Jumat malam (26/8) memaksa harga emas berfluktuasi tajam akibat minimnya petunjuk kenaikan suku bunga yang dinanti nantikan pelaku pasar dalam beberapa waktu belakangan ini.

Harga emas bergejolak hebat, hal tersebut terlihat dari pergerakan selama 1 jam pertama saat Janet Yellen berpidato dan menyampaikan pandangannya tentang kondisi perekonomian dan sedikit menyinggung tentang masalah kenaikan suku bunga.

Sempat tenang dan cenderung naik selama sesi Asia dan Eropa, emas langsung meraih level terendah harian di 1319 dollar AS per troy ounce pada menit menit awal pidato Yellen. Namun tidak lama kemudian setelah  chairwoman The Fed tersebut tidak secara gamblang menyebutkan waktu pelaksanaan rate hike, membuat harga emas terdorong kembali keatas hingga menyentuh level tertinggi harian pada harga 1342 dollar AS per troy ounce.

 

Investor  Emas Masih Mencerna Pidato Yellen

Pernyataan Yellen cenderung implisit, hal itulah yang membuat harga emas bergerak liar pada malam hari ini. Harga emas bergerak dalam range cukup lebar yakni naik turun 23 dollar AS dalam kurun waktu 1 jam terhitung dari pukul 21.00 hingga 22.00 WIB.

Tampaknya pelaku pasar masih mencerna pidato Yellen dan harus melihat kembali rilis data ekonomi AS kembali guna memperkuat pernyataan hawkish Janet Yellen malam ini. Fokus pasar selanjutnya tertuju pada rilis NFP pada awal bulan sebelum menanti hasil pertemuan FOMC pada 21 September mendatang.

Saat ini XAU/USD diperdagangkan pada level 1323 dollar AS per troy ounce, menjauhi level high harian 1342. Emas bergerak melemah dan berpeluang mencatatkan pelemahan mingguan untuk kedua kalinya secara beruntun. – Equity world Futures