Ternate (ANTARA News) – Kota Ternate, Maluku Utara, menjadi tuan rumah Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat provinsi yang akan berlangsung 7 Oktober di kawasan Waterboom Kayu Merah.

Ketua Panitia, Abram Ugu, mengatakan, di Ternate, Senin, Pesparawi yang akan digelar setiap dua tahun sekali ini merupakan Pesparawi yang kedua tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut).

“Saat ini, kesiapan panitia hampir 80 persen, apalagi kegiatan yang digelar 7-11 Oktober mendatang akan diikuti 858 peserta yang terwakili dari seluruh kabupaten/kota di Malut untuk 12 kategori,” kata Abram.

Dalam kegiatan tersebut, kata Abram, akan dimulai dengan parade pada 7 Oktober yang akan diikuti oleh seluruh peserta kontingen sembilan kabupaten/kota yang dimulai dari eks Kantor Gubernur Malut dan finish depan kantor Wali Kota setelah itu akan digiring semua peserta ke Waterboom untuk mengikuti upacara pembukaan yang dibuka langsung oleh Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba.

Ia menambahkan, untuk menjunjung kebersamaan antar-semua umat beragama, khususnya di Ternate, maka beberapa organisasi keagamaan, Forkompimda dan seluruh pimpinan SKPD pun turut terlibat dalam panitia pelaksana Pesparawi.

“Jadi, dalam kegiatan ini semua elemen terlibat, karena dalam susunan kepanitiaan dengan SK Gubernur itu, selain para pendeta yang terlibat ada tokoh agama seperti MUI, organisasi kepemudan Gerakan Pemuda Ansor serta pihak Kesultanan,” ujarnya.

Untuk keamanan, tambah Abram, beberapa hari yang lalu panitia telah melakukan rapat bersama dengan Forkompimda, baik Pemkot Ternate maupun Provinsi Malut, di sekretariat Pesparawi lantai II kantor Walikota Ternate dengan salah satu kesepakatan meminta dukungan kepada semua pihak, baik keamanan TNI/Polri untuk turut ambil bagian dalam menjaga ketertiban.  (AF/Z002)

Editor: B Kunto Wibisono