Equityworld Futures – Aktivitas di sektor konstruksi negara Inggris bangkit dari keterpurukan beberapa waktu lalu. Rilis data PMI konstruksi Inggris untuk bulan Agustus hari Jumat ini (02/09) memperlihatkan adanya peningkatan signifikan. Kondisi tersebut menyebabkan mata uang pound sterling cenderung stagnan di level tinggi dengan pair GBP/USD diperdagangkan di kisaran level harga 1.3272 per dolar AS saat berita ini diturunkan.

PMI Konstruksi Inggris

Apiknya Data PMI Konstruksi Inggris
Laporan data terkini dari Markit Economics menyatakan, industri pada sektor konstruksi di negara Inggris untuk bulan Agustus secara mengejutkan membaik dan mengalami peningkatan cukup tajam. Meskipun indeks ini tetap mengindikasikan bahwa industri konstruksi Inggris masih mengalami kontraksi, PMI konstruksi mampu melompat hingga menjadi 49.2 dari sebelumnya hanya sebesar 45.9.

Data PMI tersebut merupakan salah satu indikator penting yang mengukur perubahan output, pesanan baru, tingkat persedian, tenaga kerja dan harga-harga dalam sektor konstruksi. Apiknya data PMI konstruksi Inggris ini juga menunjukkan bahwa kesehatan dari perekonomian pada sektor swasta mulai pulih.

Disamping itu, saat ini keadaan perekonomian negara Inggris selama kuartal kedua tahun 2016 sudah mengalami peningkatan yang melampaui ekspektasi. Sebagai contoh, tingkat pengangguran Inggris mampu menurun dan menuju level terendah delapan tahun. Selain itu, PMI sektor manufaktur mulai berekspansi kembali pada bulan Agustus dan data retail sales Inggris dapat meningkat 1.4 persen selama bulan Juli. Bahkan, rilis data GDP oleh Badan Statistik Inggris (ONS) selama kuartal II tahun 2016, merangkak naik dari sebelumnya 0.5 persen menjadi 0.6 persen. Hal ini membuktikan bahwa dampak negatif keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa hanya bersifat sementara.

Investor Masih Menanti Rilis NFP AS
Sementara itu, dari sisi dolar AS, sebagian para pelaku pasar masih menunggu rilis data NFP AS nanti malam. Rilis NFP ini dinilai penting untuk mengetahui indikasi lebih lanjut terkait penguatan pada pasar ketenagakerjaan AS, setelah beberapa petinggi the Fed pada beberapa waktu lalu menyatakan bahwa keputusan terkait dengan rate hike tergantung pada rilis data ini. – PMI Konstruksi Inggris | Equity world Futures