Equityworld Futures, Kepolisian di Inggris pada Senin waktu setempat merilis identitas dua dari tiga orang di balik serangan teror London, salah satunya Khuram Shazad Butt (27), warga Inggris yang lahir di Pakistan.

“Khuram Shazad Butt sudah diketahui oleh kepolisian dan MI5. Namun, tidak ada informasi intelijen yang mengatakan bahwa serangan ini direncanakan dan penyelidikan diprioritaskan selaras dengan itu,” kata kepolisian.

Khuram Shazad Butt muncul dalam sebuah film dokumenter Channel 4 berjudul “The Jihadis Next Door” tentang para ekstremis Inggris yang disiarkan tahun lalu menurut media Inggris.

Selain Khuram ada Redouane (30), yang “diklaim sebagai warga Maroko dan Libya.” Kepolisian mengatakan bahwa dia juga menggunakan nama Rachid Elkhdar dan tanggal lahir berbeda yang menjadikan usianya 25 tahun.

sub title

Equityworld Futures

“Saya akan mendesak siapa saja yang memiliki informasi tentang orang-orang ini, pergerakan mereka dalam beberapa hari dan jam sebelum serangan dan tempat-tempat yang sering mereka kunjungi untuk memberitahu informasi itu,” kata kepala polisi anti-teror nasional Mark Rowley dalam satu pernyataan tersebut.

Ia mengatakan bahwa MI5 dan polisi melakukan sekitar 500 penyelidikan aktif yang melibatkan 3.000 subjek.

“Di samping itu ada sekitar 20.000 individu bekas subjek yang masih berisiko subjek yang ditinjau oleh MI5 dan mitranya,” kata Rowley sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Rowley mengatakan bahwa dinas keamanan sudah berhasil menghentikan 18 rencana teror sejak 2013, termasuk lima sejak serangan di Westminster dua bulan lalu.

Kepolisian mengatakan bahwa mereka sekarang menahan 10 orang setelah membebaskan dua dari 12 orang yang ditangkap pada Minggu.(hs) 

Equityworld Futures