Porto (ANTARA News) – Jawara Portugal, FC Porto, berhasil menundukkan jawara Inggris, Chelsea, dengan skor 2-1 dalam lanjutan pekan kedua penyisihan Grup G Liga Champions di Estadio do Dragao, Rabu dini hari WIB.

Gelandang Andre Andre dan pemain bertahan Maicon mencetak dua gol kemenangan Porto, sementara Chelsea membalas melalui Willian.

Pelatih Jose Mourinho seolah menyepelekan mantan klubnya dengan tidak memasang pemain andalan Chelsea, Eden Hazard, sejak awal laga.

Pun demikian, Chelsea cukup menguasai jalannya pertandingan, hanya saja sebagian besar serangan mereka tumpul dan tak banyak merepotkan penjaga gawang Iker Casillas.

Di sisi lain tuan rumah justru tampil cukup solid dan efektif dengan mengandalkan tusukan Yacine Brahimi dan ketangguhan Giannelli Imbula di lini tengah.

Hasilnya, pada menit 39 Brahimi melakukan akselerasi dari sisi kanan pertahanan Chelsea merangsek ke dalam kotak penalti Chelsea dan melepaskan tendangan yang tajam namun sempat diantisipasi oleh penjaga gawang Asmir Begovic.

Akan tetapi bola antisipasi Begovic justru mengarah ke Andre yang dengan sigap melepaskan voli terarah untuk membawa timnya unggul 1-0 atas Chelsea.

Porto seolah akan menutup babak pertama dengan keunggulan, namun dalam serangan terakhir Ramires dilanggar oleh Danilo Pereira di tepian kotak penalti.

Kesempatan tendangan bebas dieksekusi dengan baik oleh Willian yang membuat Iker Casillas mati langkah gagal bereaksi dan kedudukan berubah sama kuat 1-1 saat turun minum.

Usai rehat Porto justru lebih banyak mengambil inisiatif serangan, dan tujuh menit memasuki babak kedua mereka kembali meraih keunggulan lewat sundulan Maicon yang menyambut bola sepak pojok Ruben Neves.

Maicon yang dikawal Ramires berhasil melepaskan diri dan menyambut bola rendah dengan kepalanya untuk membawa Porto unggul 2-1 di menit 52.

Usai gol tersebut Chelsea bernafsu membalas, namun bola tendangan Diego Costa pada menit 54 yang sempat mengecoh Casillas masih ditolak oleh mistar gawang.

Nafsu menyerang Chelsea rupanya tak diimbangi pertahanan yang solid, sebuah kemelut di depan gawang Begovic terjadi pada menit 56 namun Kurt Zouma menjadi penyelamat dengan halauan kepalanya saat Vincent Aboubakar hampir melepaskan percobaan tembakan.

Keadaaan tertinggal memaksa Mourinho menurunkan Hazard menggantikan John Obi Mikel, dan pemain Belgia itu hampir saja segera memperlihatkan tajinya saat menerima umpan cungkil dari Diego Costa namun tendangannya masih menyamping.

Di sisi lain, tuan rumah tak kehabisan kepercayaan diri untuk menimbulkan kekacauan di wilayah pertahanan Chelsea, sayang tendangan Imbula pada menit 72 dan Brahimi menit 74 masih bisa dihalau Begovic.

Menit 82, giliran Danilo yang mengancam gawang Chelsea saat menyambut bola sepak pojok, meski tandukannya hanya menghantam tiang gawang sebelum ditinju oleh Begovic.

Chelsea sendiri kesulitan membongkar pertahanan Porto sehingga harus menerima hasil 2-1 untuk kemenangan tuan rumah saat laga usai.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut.

FC Porto (4-4-1-1): Iker Casillas (PG); Maxi Pereira, Maicon, Marcano, Martins Indi; Andre Andre (Miguel Layun), Danilo Pereira, Ruben Neves (Evandro Goebel), Giannelli Imbula; Yacine Brahimi (Pablo Osvaldo); Vincent Aboubakar
Pelatih: Julen Lopetegui

Chelsea (4-2-3-1): Asmir Begovic (PG); Branislav Ivanovic, Kurt Zouma, Gary Cahill, Cesar Azpilicueta; John Obi Mikel (Eden Hazard), Cesc Fabregas; Ramires (Nemanja Matic), Willian, Pedro Rodriguez (Kenedy); Diego Costa
Pelatih: Jose Mourinho

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015