Surabaya (ANTARA News) – Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir Kasirun Situmorang memimpin gelar kesiapan prajurit Marinir Wilayah Timur dalam rangka pengamanan tahap pengumuman resmi KPU untuk Pilpres 2014 di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Senin.

Apel kesiapan yang juga dihadiri Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Purwadi itu diikuti ribuan prajurit Pasmar-1 dari Brigif-1 Marinir, Menkav-1 Marinir, Menart-1 Marinir, Menbanpur-1 Marinir dan Yontaifib-1 Marinir yang tergabung dalam Delapan Satuan Setingkat Batalyon (SSY) dan Satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) dari Batalyon Taifib-1 Marinir untuk pengamanan Pilpres 2014.

Dalam amanatnya, Komandan Pasmar-1 mengatakan gelar kesiapan pengamanan Pilpres 2014 bertujuan menegaskan komitmen tugas dan kesiapsiagaan prajurit dan satuan jajaran Pasmar-1 dalam membantu dan mengamankan penyelenggaraan penetapan Pilpres 2014 oleh KPU.

Selain itu, juga untuk melihat secara langsung kesiapan personel dan material guna mendukung kesiapan Korps Marinir dalam rangka pengamanan Pilpres 2014 yang diikuti dua pasangan capres-cawapres yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

“Pesta demokrasi telah memasuki tahapan penting, yaitu masa penghitungan suara tingkat nasional yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi bagi setiap prajurit terkait tugas pengamanan di lapangan, apalagi posisi TNI, tidak terkecuali Korps Marinir, sudah memegang teguh komitmen netralitas dalam pilpres,” katanya.

Menurut dia, peran Korps Marinir dalam membantu kelancaran penyelenggaraan rangkaian penetapan dan pemilihan presiden dan wakil presiden meliputi pemberian tugas bantuan pengamanan kepada kepolisian, membantu KPU dalam mengamankan logistik Pemilu hingga hasil akhir Pilpres.

“Saya ingatkan kepada seluruh prajurit Korps Marinir, khususnya jajaran Pasmar-1 yang terlibat dalam pengamanan Pilpres 2014 agar menjalin hubungan kerja sama dan koordinasi yang baik dengan aparat-aparat terkait, sehingga menjamin penyelenggaraan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dengan kondusif dan demokratis,” katanya.

Dengan diadakannya gelar kesiapan tersebut diharapkan semakin memperkuat kemampuan antisipasi prajurit dan satuan jajaran Pasmar-1 terhadap berbagai potensi konflik, baik vertikal maupun horizontal yang mungkin timbul.

“Dengan bekal profesional dan disiplin yang telah melekat di dada dan jiwa raga prajurit Korps Marinir, saya yakin kalian akan mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dan siap digerakkan ke seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga digelar kesiapan prajurit Pasmar-1 yang tergabung dalam Satuan Setingkat Batalyon (SSY) untuk upacara HUT ke-69 Tentara Nasional Indonesia tahun 2014 yang akan digelar di Dermaga Ujung Koarmatim Surabaya.

Sementara itu, prajurit dan PNS Korem 081/Dhirot Saha Jaya serta ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 081 memperingati “Nuzulul Quran 1435 Hijriah” di Masjid Sudirman Korem 081/DSJ, Jalan Pahlawan, Kota Madiun (21/7). (*)

Editor: B Kunto Wibisono