Pria 62 tahun berniat seberangi Atlantik dengan rakit

Pria 62 tahun berniat seberangi Atlantik dengan rakit

Praha (ANTARA News) – Seorang pria Ceko yang berusia 62 tahun akan menantang maut dengan berlayar melintasi Samudra Atlantik dari Portugal ke Floria, Amerika Serikat, dengan naik rakit kayu, demikian laporan media, Jumat (2/5).

Pria itu bernama Josef Bohac.

“Warga negara Norwegia yang terkenal, Thor Heyerdahl, berlayar menyeberangi Samudra Atlantik dengan naik kapal yang dibuat dari kayu balsa atau pohon lontar. Tapi tak seorang pun pernah berhasil berlayar dari satu benua ke benua lain dengan naik rakit yang dibuat dari balok yang diikat jadi satu,” kata Bohac sebagaimana dikutip Xinhua.

Ia mengatakan ia terinsprirasi oleh penjelaja Ceko Eduard Ingris, yang berlayar mengarungi Samudra Pasifik dengan naik rakit pada 1950-an.

Pelayaran Bohac akan mencakup beberapa ribu kilometer. Rakitnya dibuat dari 16 balok pohon cemara yang diikat dengan kabel baja. Rakit itu akan memiliki lantai struktur super dan dua tiang layar. Makanan, air dan barang pribadi lain akan ditaruh di gentong.

Bohac adalah “pelaut” yang berpengalaman yang telah melakukan pelayaran dengan naik perahu layar besar. Ia sudah membuat satu perahu dengan dua lambung dan membuat satu lagi untuk menyelam, bersama dengan pelancong Ceko dan sutradara film dokumenter Steve Lichtag.

Biaya untuk proyek tersebut diperkirakan mencapai 400.000 crown (sebanyak 20.000 dolar AS). Bohac mengatakan ia akan menyambut baik penaja dan juga sangat ingin mengumpulkan dana masyarakat.
(C003)

Editor: Ella Syafputri

Related Posts

No comments