Equityworld Futures – Probabilitas akan kenaikan tingkat suku bunga AS di bulan September ini semakin turun setelah rilis data dari sektor ketenagakerjaan AS pekan lalu melemah dibawah ekspektasi. Kondisi tersebut menyebabkan harga emas sebagai aset safe haven mengalami kenaikan yang signifikan. Pair XAU/USD saat ini diperdagangkan di kisaran level harga 1,325 dolar AS saat berita ini diturunkan.

Harga emas

Sementara itu, pada Comex New York Mercantile Exchange, harga emas futures untuk pengiriman bulan Desember menanjak sebesar 0.16 persen ke level harga 1,328 dolar AS per troy ons. Sedangkan harga perak futures untuk pengiriman bulan Desember diperdagangkan di kisaran harga 19.57 dolar AS per troy ons, naik signifikan sebesar 1.05 persen dan harga tembaga futures mengalami kenaikan sebesar 0.34 persen menjadi 2.085 dolar AS.

Selama sesi perdagangan hari Senin malam kemarin, harga emas relatif stagnan mendekati level tinggi satu minggu. Hal itu terjadi karena volume perdagangan pada sesi New York tidak besar mengingat adanya libur hari buruh. Sementara itu, pada hari Jumat pekan lalu, harga emas reli dan menyentuh level harga 1,334 dolar AS pasca rilis data ekonomi penting AS yang menunjukkan adanya penurunan.

Nantikan Rilis Data Ekonomi AS Selanjutnya

Meskipun rilis data ekonomi AS pekan lalu mengecewakan dan menurunkan ekspektasi kenaikan tingkat suku bunga dalam jangka pendek, sebagian besar investor masih optimis the Fed akan menaikkan paling tidak satu kali kenaikan sebelum akhir tahun 2016 ini yaitu pada bulan Desember mendatang.

Di samping itu, para pelaku pasar kini tengah menunggu laporan untuk pertumbuhan pada sektor jasa di AS yang dirilis nanti malam. Diperkirakan data PMI jasa AS akan menurun tipis ke 55.0 dari 55.5. Selain itu, investor juga akan berfokus pada rilis Beige Book The Fed dan data ketenagakerjaan JOLTS per tanggal dua September. – Prospek Rate Hike Fed | Equity world Futures