1
Equity World Futures – Larry Kudlow, penasihat ekonomi utama Presiden Amerika Serikat Donald Trump, mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat akan berjalan jauh di atas yang terjadi selama satu dekade terakhir.

Dalam konferensi CNBC’s Delivering Alpha di New York, Kudlow optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat akan mencapai 4% di kuartal II 2018 atau di akhir tahun ini. Selama masa Barack Obama, pertumbuhan ekonomi AS selalu di bawah 2%.

“Kami telah mendapatkan 3% dan akan mencapai 4% untuk kuartal kedua. Dan itu semua demi kebaikan. Karena pertumbuhan ekonomi yang meningkat secara harfiah membuat jutaan orang bekerja,”

Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, pemerintahan Donald Trump akan kembali melalukan pemotongan pajak. Pemerintah AS sedang mempertimbangkan undang-undang pajak lebih lanjut, setelah mereka melakukan pemotongan pajak di akhir tahun 2017.

Para ekonom memperkirakan pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal II 2018 akan mendekati 4%, setelah PDB naik menjadi 2,3% pada 2017, tahun pertama Trump menjadi presiden.

Pemerintahan Trump menggunakan perpaduan pemotongan pajak, peningkatan belanja negara, dan deregulasi dalam upaya menggairahkan ekonomi.

Kudlow mengatakan meningkatnya pertumbuhan ekonomi ini untuk menjawab orang-orang yang sinis. “Kami punya generasi milenial yang belum pernah melihat kemakmuran. Mereka belum pernah melihatnya. Kami belum memilikinya dalam 20 tahun,”

Pernyataan Kudlow datang ketika Gedung Putih meluncurkan perang dagang melawan kedua musuh yaitu Republik Rakyat China dan Uni Eropa. Bagi AS, perang tarif ini untuk melindungi kepentingan nasional. Adapun Kudlow sejatinya dikenal sebagai pendukung pasar bebas. Namun, terkait perang dagang yang dilakukan Trump, ia mengatakan sesuatu perlu dilakukan.

“Orang ini, Presiden Trump memiliki tanggung jawab terbesar. Dia tidak akan melepaskan poin ini, dan menurutnya juga tidak,”

Dan Kudlow mengklaim memperoleh dari sumber-sumber terpercaya yang mengatakan kepada Pemerintah AS bahwa Pemerintah China sejatinya menyadari kesalahan mereka.

“Pemerintah China tahu mereka salah, seluruh dunia tahu mereka salah. Dan sesuatu harus dilakukan di sini,” pungkasnya.

Equity World Futures