1Equity World Futures – Sejarah itu akan tercipta. Untuk pertama kalinya, Presiden Amerika Serikat (AS) yang masih berkuasa akan bertemu dengan Pemimpin Korea Utara (Korut). Adalah Donald Trump dan Kim Jong-un, pelaku sejarah tersebut.

Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong-un direncanakan akan bertemu hari ini, di pulau Sentosa, sebuah pulau resor di lepas pelabuhan Singapura dengan taman hiburan Universal Studio dan pantai buatan. Pertemuan itu akan dihelat di Hotel Capella, sebuah hotel mewah yang terletak di tengah hutan tropis dengan pantai dan pemandangan pelabuhan yang luas.

Sebelumnya pada hari Minggu, baik Trump dan Kim Jong-un telah tiba di Singapura untuk KTT AS-Korut. Menurut Gedung Putih, selama penerbangannya, presiden AS menghabiskan waktu bertemu dengan stafnya, membaca materi, dan mempersiapkan pertemuannya di Singapura.

KTT AS-Korut akan menandai pertemuan pertama pemimpin kedua negara. Perundingan yang ditunggu-tunggu itu berisiko batal, ketika pada 24 Mei, Trump mengumumkan membatalkan pertemuan dengan Jong-un terkait retorika Pyongyang yang tidak bersahabat. Namun, minggu lalu, Trump kembali memastikan KTT itu jadi digelar setelah bertemu dengan pembantu utama Jong-un, Wakil Ketua Komite Partai Pekerja Korea Kim Yong-chol, di Gedung Putih.

Pertemuan itu menjadi mungkin karena cairnya ketegangan di Semenanjung Korea yang cukup signifikan. Pada bulan Januari, Jong-un memutuskan untuk memulai pembicaraan dengan pihak Korea Selatan (Korsel) di tengah Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang. Hubungan lebih lanjut membaik pada bulan April, ketika pemimpin Korut bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae-in di desa gencatan senjata Panmunjom di perbatasan antara dua Korea. Kedua pemimpin sepakat untuk membersihkan semenanjung Korea dari senjata nuklir dan menandatangani perjanjian damai tahun ini.

Equity World Futures