PT Equityworld, Gempa bumi hebat berkekuatan 6,3 magnitudo mengguncang pantai barat Turki dan Pulau Lesbos di Yunani, Senin waktu setempat, untuk menewaskan seorang wanita dan meruntuhkan ribuan bangunan dari Provinsi Izmir di Turki sampai ibu kota Yunani, Athena.

Episentrum gempa terletak di 84 km arah barat laut kota Izmir dan 15 km arah selatan Pulau Lesbos, tulis Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) dalam laman webnya. Observatorium Nasional Athena menyebut gempa ini berkekuatan lebih rendah pada 6,1 magnitudo.

Kerusakan terparah melanda sebuah desa di Lesbos yang pernah menjadi garis depan dalam krisis pengungsi dua tahun lalu ketika ratusan ribu pengungsi perang mencari peruntungan ke Eropa.

Dari tayangan televisi terlihat gedung-gedung ambruk dan puing-puing bangunan menghalangi jalan-jalan sempit di Vrisa, sebuah desa berpenduduk 600 orang di Pulau Lesbos.

“Puluhan ribu bangunan ambruk dan jalan-jalan terputus,” kata Marios Apostolides, kepala pemadam kebakaran di wilayah ini.

Seorang wanita yang diyakini berusia sekitar 60 tahun, tewas tertimpa rumahnya yang runtuh, sedangkan 10 lainnya luka-luka.

Getaran gempa terasa sampai Athena yang berada 367 km dari barat daya Pulau Lesbos.

Gempa geologis dan gempa kecil sering terjadi di kawasan ini, namun gempa berkekuatan di atas 5,5 magnitudo jarang terjadi. Gempa yang sudah di atas 5,5 magnitudo pasti menciptakan kerusakan hebat, demikian Reuters.

PT Equityworld