PT EquityWorld Futures : Dampak Positif Fintech, Serap Tenaga Kerja dan Tumbuhkan Perekonomian

1
EquityWorld Futures – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai perusahaan financial teknologi (Fintech) yang sudah terdaftar memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

“Kontribusi fintech yang merupakan perusahaan baru lahir di 2016 itu, bisa menyerap tenaga kerja sebesar 215.433 orang,”

Pengembangan fintech selama kurang 2 tahun ini bisa menambah Produk Domestik Bruto sebesar Rp25,97 triliun. Di mana juga bisa menstimulus pertumbuhan perbankan 0,8%, perusahaan pembiayaan 0,6% dan ICT 0,2%.

Fintech lending terbukti meningkatkan penyaluran kredit khususnya ke UMKM. Dan menambah pendapatan upah dan gaji sebesar Rp4,56 Triliun,”

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan surat penunjukan kepada Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) sebagai asosiasi resmi penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi di Indonesia.

Dengan dikeluarkannya surat ini dan sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No 77/POJK.01/2016 Bab XIII Pasal 48, maka seluruh Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi di Indonesia wajib mendaftarkan diri untuk menjadi anggota AFPI.

“Tercatat hingga 18 Januari 2019, sebanyak 88 penyelenggara (atau seluruh penyelenggara yang terdaftar di OJK) telah mendaftar menjadi anggota AFPI”.

EquityWorld Futures