PT Equityworld Futures : Emas Melemah Setelah Powell Nilai Pertumbuhan Ekonomi AS Moderat

PT Equityworld Futures : Emas Melemah Setelah Powell Nilai Pertumbuhan Ekonomi AS Moderat
PT Equityworld Futures : Emas Melemah Setelah Powell Nilai Pertumbuhan Ekonomi AS Moderat

Equityworld Futures – Emas kembali turun dalam dua minggu berturut-turut, kembali mendekati level $ 1.500, setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell menilai prospek pertumbuhan ekonomi AS masih moderat.

Spot emas, yang mencerminkan perdagangan dalam batangan, diperdagangkan pada $ 1,505.91 per ons sekitar pukul 14:45 ET (01:45 WIB), turun $ 13,15, atau 0,9%, setelah ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan kasus yang paling mungkin untuk AS adalah berlanjutnnya pertumbuhan secara moderat.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember ditutup turun $ 10, atau 0,7%, pada $ 1.515,50 per ons di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sesi hari Rabu, emas pengiriman Desember mencapai rekor tertinggi lebih dari enam tahun di level $ 1.566,15. Namun ditutup turun 2,2% pada hari Kamis, yang merupakan penurunan terbesar sejak Januari.

Emas berjangka berakhir lebih rendah dalam dua minggu berturut-turut, dan mencatat penurunan mingguan 0,9%.

Sejumlah investor, dari trader harian, hedge fund dan lembaga investasi lainnya, telah menumpuk emas dalam beberapa bulan terakhir, mencari alternatif lindung nilai mengantisipasi jatuhnya imbal hasil obligasi, fluktuasi mata uang dan pasar modal, penurunan suku bunga global, ketakutan Brexit dan resesi mengkhawatirkan akibat dari perang dagang AS-Cina.

Pernyataan Powell bahwa AS kemungkinan bebas resesi setidaknya menghilangkan dukungan bagi emas tahun ini, meskipun disisi lain ketua Fed juga tetap menyampaikan kemungkinan pemangkasan suku bunga AS dengan mengatakan bank sentral siap “mengambil tindak yang memadai” untuk mendukung perluasan ekonomi AS.

“Resesi bukanlah hasil yang mungkin untuk AS atau ekonomi global,”

Komentar Powell sendiri disampaikan menjelang Rapat Dewan Kebijakan Federal Reserve yang dijadwalkan 17-18 September.

The Fed melakukan pemangkasan suku bunga 25 basis poin pada pertemuan kebijakan terakhirnya di bulan Agustus dan diperkirakan akan melakukan hal yang sama di bulan September, dan suku bunga akan turun ke kisaran 1,75% dan 2%.

The Fed Rate Monitor Tool di Investing.com menunjukkan peluang 92% sejauh ini untuk pemotongan 25 basis poin.

Jika itu terjadi, emas bisa kembali naik. Masih ada banyak ruang untuk logam kuning untuk memperpanjang reli dengan merujuk pada potensi berita atau data global yang lebih suram. Futures naik sekitar 18% pada tahun ini sementara harga spot sekitar 16% lebih tinggi.

Namun ada juga kemungkinan yang sebaliknya bisa terjadi, dan emas selanjutnya turun drastis.

Equityworld Futures

Add a Comment