PT Equityworld Futures : Emas Tembus $1.600 Dipicu Kekhawatiran Resesi Bebani Sentimen Risiko

PT Equityworld Futures : Emas Tembus $1.600 Dipicu Kekhawatiran Resesi Bebani Sentimen Risiko

PT Equityworld Futures : Emas Tembus $1.600 Dipicu Kekhawatiran Resesi Bebani Sentimen Risiko

Equityworld Futures – Harga emas naik lebih dari 1 persen pada Senin pagi, menyusul penurunan tajam pada logam mulia di sesi sebelumnya, karena kekhawatiran epidemi virus covid-19 dapat mendorong ekonomi global ke dalam resesi yang membuat investor bergegas mencari aset yang aman.

XAU/USD naik 1,2 persen menjadi $1,602.90 per ons pukul 08.04 WIB, setelah merosot lebih dari 4 persen dalam perdagangan intraday pada hari Jumat.

Emas Berjangka AS naik 1,9 persen menjadi $1.597,10.

Penurunan saham dunia semakin dalam, dan para investor bingung dengan data akhir pekan dari Cina yang menunjukkan kontraksi tercepat aktivitas pabrik, meningkatkan kekhawatiran akan resesi global akibat virus covid-19.

Benchmark imbal hasil obligasi AS 10-tahun jatuh ke rekor terendah, sementara yen naik ke level tertinggi sejak Oktober terhadap dolar AS.

Aktivitas pabrik di Cina berkontraksi pada laju tercepat pada bulan Februari, bahkan lebih buruk daripada selama krisis keuangan global, menyoroti kerusakan akibat wabah.

Pabrik-pabrik Cina berjuang mendapatkan pekerja untuk mengoperasikan pabrik karena migrasi pekerja Tahun Baru pasca-Imlek, memperlambat pemulihan ekonomi di tengah krisis virus.

Penyebaran virus di seluruh dunia dan implikasinya pada ekonomi telah memicu penurunan pasar saham terbesar sejak krisis keuangan 2008, menghapus $ 6 triliun dari ekuitas global.

Ekonom Goldman Sachs (NYSE:GS) memperkirakan Federal Reserve akan memotong suku bunga secara agresif, mengatakan kepala bank sentral AS mengirim sinyal yang jelas dengan pernyataannya pada hari Jumat.

Pada hari Jumat, Ketua Fed Jerome Powell mengeluarkan pernyataan bahwa sementara ekonomi AS tetap kuat, virus “menimbulkan risiko yang terus berkembang” dan The Fed siap untuk mengambil tindakan jika diperlukan

Palladium naik 0,7 persen menjadi $2.610,62 per ons, setelah merosot sebanyak 13 persen di sesi sebelumnya.

Platinum naik 1,9 persen menjadi $880,10, setelah menyentuh level terendah enam bulan.

 

 

 

Equityworld Futures