PT Equityworld Futures : Emas Tembus $1.600 Dipicu Ketakutan Perlambatan Ekonomi Global

PT Equityworld Futures : Emas Tembus $1.600 Dipicu Ketakutan Perlambatan Ekonomi Global

PT Equityworld Futures : Emas Tembus $1.600 Dipicu Ketakutan Perlambatan Ekonomi Global

Equityworld Futures – Emas bergerak di dekat level tertinggi 2013 di tengah kekhawatiran penyebaran virus covid-19 dan bagaimana pengaruhnya terhadap pertumbuhan global. Paladium juga tampak melanjutkan reli pemecahan rekornya.

Emas spot stabil setelah melonjak 1,3% setempat menurut laporan yang dilansir Bloomberg Rabu (19/02) petang setelah Apple Inc memperingatkan bahwa virus dan upaya untuk mengendalikannya akan menyulitkan perusahaan mencapai target penjualan dan ini memicu aksi jual saham. Jumlah kematian akibat virus ini di Cina mencapai 2.000 orang, sementara provinsi yang menjadi pusat wabah melaporkan lebih sedikit kasus tambahan.

Peralihan aset ke tempat yang dianggap lebih aman telah menguntungkan aset-aset safe haven dan mendorong reli ke pasar paladium, di mana defisit multi tahun komoditas ini diperkirakan akan membesar pada tahun 2020.

Emas Berjangka naik 5,7% tahun ini dengan investor meninjau dampak wabah virus terhadap pertumbuhan ekonomi dan minat terhadap aset risiko di tengah spekulasi bahwa Federal Reserve akan merasakan peningkatan tekanan untuk mengurangi suku bunga. Bank sentral AS telah mengatakan efek dari virus tersebut telah menghadirkan “risiko baru” terhadap prospek ke depan dan trader juga akan mempelajari risalah dari pertemuan terbaru The Fed pada Rabu setempat untuk mengamati setiap tanda nada pernyataan yang dovish.

XAU/USD 0,2% di $1,604.82 per ons pada pukul 9:14 AM waktu SingapuraHarga emas ini telah menyentuh $1.611,42 pada awal Januari, tingkat tertinggi sejak 2013, karena ketegangan geopolitik meningkat. Status keadaan darurat kesehatan global yang tengah berlangsung telah menyebabkan kepemilikan dalam dana yang diperdagangkan di bursa global terkait emas fisik batangan mencapai rekor baru.

XPD/USD naik 2% ke $2,680.31 per ons, level tertinggi sepanjang masa. Sementara perak bertambah 0,5% dan platinum naik 0,7%.

 

 

Equityworld Futures