PT Equityworld Futures : Emas Turun Ditengah Naiknya Tensi Cina-AS & Peningkatan Kasus Global Covid-19

PT Equityworld Futures : Emas Turun Ditengah Naiknya Tensi Cina-AS & Peningkatan Kasus Global Covid-19

PT Equityworld Futures : Emas Turun Ditengah Naiknya Tensi Cina-AS & Peningkatan Kasus Global Covid-19

Equityworld Futures – Harga emas turun, tapi masih berada di atas level psikologis $1.800. Pelemahan emas ini terjadi meski ada kekhawatiran atas meningkatnya jumlah kasus covid-19 dan ketegangan AS-Cina.

Harga Emas Berjangka turun 0,12% di $1.811,15 per ons dan emas spot XAU/USD turun 0,08% ke $1.807,81.

Menurut laporan Reuters dari The Economic Times, jumlah kasus covid-19 terus mengalami kenaikan di Amerika Serikat. Banyak negara bagian di AS menghentikan sementara pembukaan kembali ekonomi untuk membendung penyebaran wabah virus ini yang telah menginfeksi 13 juta orang lebih di seluruh dunia.

Pejabat Fed memperingatkan pada Selasa bahwa pemulihan ekonomi AS dari pandemi akan membutuhkan waktu lama, dan pelemahan ekonomi masih dapat memburuk kala kasus virus terus bertambah.

Ketegangan hubungan antara Washington dan Beijing tampaknya kembali memanas setelah Presiden AS Donald Trump menandatangani perintah eksekutif yang mengakhiri perlakuan khusus untuk Hong Kong dan juga menutup pintu negosiasi perdagangan “Tahap 2″ dengan Cina.

Investor menunggu keputusan kebijakan dari Bank of Japan (BOJ) untuk mengetahui proyeksi ekonomi negeri sakura tersebut serta jaminan langkah-langkah stimulus tambahan.

Selain itu, situasi global covid-19 terus memburuk. Gubernur California Gavin Newsom memerintahkan pemberlakuan kembali langkah-langkah pembatasan sosial di seluruh negara bagian AS ini pada hari Senin.

Di Asia, Tokyo mengumumkan kembali akan menaikkan status peringatan covid-19 ke level tertinggi pada hari Rabu. Pemberlakuan ketat langkah-langkah pembatasan sosial Hong Kong mulai diterapkan pada Rabu ini dimulai dari penutupan pusat kebugaran dan pantai-pantai di seluruh kota dan denda bagi yang tidak menggunakan masker di transportasi umum.

Hubungan Cina A.S juga terus memburuk, menjaga permintaan untuk emas kuat.

Setelah pernyataan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada Senin yang menyebut klaim Chna di Laut Cina Selatan “ilegal,” Presiden AS Donald Trump menandatangani perintah eksekutif yang mengakhiri status perdagangan istimewa Hong Kong pada hari Selasa. Perintah itu mencabut semua hak istimewa, perlakuan ekonomi khusus, dan melarang ekspor teknologi yang sensitif.

Trump juga memberi lampu hijau atas sanksi AS terhadap entitas Cina yang terlibat dalam pemberlakuan undang-undang keamanan nasional Hong Kong, yang berlaku sejak 1 Juli lalu.

Equityworld Futures