PT Equityworld Futures : Emas Turun ke $1.650 Ditengah Kekhawatiran Penyebaran Covid-19 Diluar Cina

PT Equityworld Futures : Emas Turun ke $1.650 Ditengah Kekhawatiran Penyebaran Covid-19 Diluar Cina

PT Equityworld Futures : Emas Turun ke $1.650 Ditengah Kekhawatiran Penyebaran Covid-19 Diluar Cina

Equityworld Futures – Harga XAU/USD turun sebesar 0,62% ke $1,649.50 pada awal sesi Asia. Sementara risiko penyebaran virus covid-19 di luar Cina mendorong emas fisik ke tingkat tertinggi baru selama tujuh tahun pada Senin dan tampaknya rilis berita utama yang beragam baru-baru ini memicu kemunduran harga emas di tengah perubahan sentimen risiko.

Menurut laporan FXStreet, di antara katalis utama pelemahan emas yakni diturunkannya status peringatan darurat virus di berbagai provinsi Cina dan angka pemulihan dari virus covid-19 terbaru memainkan peran penting. Juga menantang aksi beli komoditas logam kuning yaitu cuitan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan epidemi telah mencapai puncaknya antara akhir Januari dan awal Februari. Lebih lanjut untuk mendukung aksi jual emas yaitu pernyataan dari Presiden AS Donald Trump dan Presiden Federal Reserve Cleveland Loretta Mester mengecilkan risiko yang dapat timbul dari virus Cina.

Meski begitu, AS dan Korea Selatan telah menangguhkan latihan militer gabungan sedangkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS meningkatkan tingkat peringatan bagi negara Asia yang sama kondisinya dengan Cina selama hari-hari awal infeksi virus. Selain itu, para pemain bisnis global seperti United Airlines dan Mastercard juga memberikan peringatan terhadap wabah epidemi Cina ini.

Baru-baru ini, Menteri Ekonomi Jepang Nishimura mengatakan untuk memperhatikan dampak virus termasuk pasar keuangan. Pasar di Jepang dibuka kembali hari ini setelah akhir pekan yang panjang untuk merayakan libur Ulang Tahun Kaisar. Juga seputar data, Indeks Harga Layanan Perusahaan Jepang untuk Desember naik menjadi 2,3% dari ekspektasi sebesar 2,1%.

Analis memperkirakan harga emas akan menguji garis resisten yang berubah menjadi titik support pada September 2019, di $1,633 kecuali emas naik kembali melampaui $1690.

 

 

 

Equityworld Futures