PT Equityworld Futures : Harga Emas Kembali Capai Tertinggi Baru Dipicu Lonjakan Kasus Covid-19 di AS

PT Equityworld Futures : Harga Emas Kembali Capai Tertinggi Baru Dipicu Lonjakan Kasus Covid-19 di AS

PT Equityworld Futures : Harga Emas Kembali Capai Tertinggi Baru Dipicu Lonjakan Kasus Covid-19 di AS

Equityworld Futures – Harga emas petang kembali menguat karena meningkatnya kekhawatiran tentang ekonomi global yang memicu kenaikan harga di atas $ 1.800 per ons.

Emas spot XAU/USD naik ke level $1.810,98 per ons, melanjutkan kenaikannya hari keenam ketika meningkatnya kasus covid-19 di beberapa bagian dunia menambah kekhawatiran pelemahan ekonomi global yang berkepanjangan, sementara Emas Berjangka di level $1,816,75 per ons.

Permintaan logam safe havens telah melonjak, dan arus masuk ke dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas tahun ini sudah melampaui rekor total setahun penuh yang ditetapkan lebih dari satu dekade lalu, dan beberapa pengamat pasar memperkirakan harga bisa mencapai titik tertinggi sepanjang masa karena terseret krisis kesehatan.

Bahkan setelah pemerintah dan bank sentral mengeluarkan sejumlah besar stimulus untuk menopang pertumbuhan ekonomi membuat emas lebih menarik, dan ada spekulasi bahwa tindakan kebijakan lebih lanjut mungkin diperlukan.

Investor banyak yang beralih ke saham dan emas dibandingkan obligasi dan uang tunai karena yang terakhir menawarkan tingkat pengembalian negatif dan bank sentral akan mencetak lebih banyak uang, menurut Ray Dalio, pendiri Bridgewater Associates, salah satu hedge fund terbesar di dunia.

Lebih lanjut hal yang mendorong kenaikan emas adalah lonjakan kasus virus, dengan jumlah infeksi AS yang melampaui 3 juta atau lebih dari seperempat total kasus global.

Presiden Federal Reserve Cleveland Loretta Mester mengatakan data terakhir tentang penyebaran covid-19 di AS meningkatkan risiko penurunan tambahan untuk pemulihan ekonomi.

Rekannya di Fed Atlanta, Raphael Bostic, mengatakan hal yang sama, menyampaikan kepada wartawan bahwa ekonomi tampaknya mulai turun, yang berpotensi membutuhkan lebih banyak tindakan bank sentral atau otoritas fiskal.

Sementara aksi ambil untung karena harga mendekati rekor sebelumnya kemungkinan akan menawarkan beberapa perlawanan dan dalam situasi saat ini, sepertinya tidak cukup untuk menghentikannya.

Untuk logam mulia lainnya, perak naik 0,4%, platinum tetap, dan paladium naik 0,7%.

 

 

Equityworld Futures