PT Equityworld Futures : Harga Emas Kian Melonjak, Pasar Fokus Pelonggaran Kebijakan Moneter

PT Equityworld Futures : Harga Emas Kian Melonjak, Pasar Fokus Pelonggaran Kebijakan Moneter

PT Equityworld Futures : Harga Emas Kian Melonjak, Pasar Fokus Pelonggaran Kebijakan Moneter

Equityworld Futures – Harga emas kian melonjak sejalan dengan fokus pasar atas kemungkinan gelontoran dana stimulus moneter untuk merangsang pertumbuhan ekonomi global dari dampak pandemi covid-19.

Harga emas berjangka melonjak 1,76% di $1.887,00 per ons pukul 15.10 WIB menurut data Invsting.com dan XAU/USD kian menguat 1,42% ke $1.888,88.

Harga emas sempat anjlok lebih 5% setelah produsen obat asal Amerika Serikat Pfizer Inc mengatakan vaksin covid-19 buatannya lebih dari 90% efektif berdasarkan hasil percobaan awal seperti yang dilansir Reuters.

Bank sentral kemungkinan tidak akan mengubah langkah kebijakan akomodatif dalam waktu dekat hingga menengah karena vaksin akan membutuhkan waktu untuk mengendalikan penyebaran virus dan mendorong peningkatan pertumbuhan, inflasi dan pasar tenaga kerja, kata Lachlan Shaw, kepala riset komoditas di National Australia Bank.

Emas cenderung mendapat dorongan dari kebijakan stimulus yang dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang.

Di kala optimisme vaksin meningkatkan selera risiko, ketidakpastian terus membayangi dampak melonjaknya kasus covid-19 di Amerika Serikat dan Eropa.

“Saya masih mengira kita akan mendapatkan lebih banyak dana stimulus dan The Fed akan menjaga suku bunga tetap rendah, sementara vaksin akan menyediakan dorongan terkait kebijakan moneter … Itulah mengapa pasar masih condong ke emas,”

Presiden Dallas Federal Reserve Bank Robert Kaplan, kebangkitan covid-19 menimbulkan risiko bagi perekonomian dan Presiden Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan program pinjaman darurat The Fed masih dibutuhkan.

Equityworld Futures