PT Equityworld Futures : Harga Emas Koreksi Pasca Data Klaim Pengangguran AS Cetak Rekor

PT Equityworld Futures : Harga Emas Koreksi Pasca Data Klaim Pengangguran AS Cetak Rekor

PT Equityworld Futures : Harga Emas Koreksi Pasca Data Klaim Pengangguran AS Cetak Rekor

Equityworld Futures – Harga emas mengalami koreksi penurunan dan tetap bertahan di sekitar level $1.600. Hal itu terjadi lantaran investor beralih ke safe haven pasca data klaim pengangguran AS mencapai rekor tertinggi selama dua minggu berturut-turut di tengah epidemi covid-19 dan dampaknya yang melemahkan perekonomian Amerika Serikat.

Emas berjangka turun 0,19% di $1.634,65 per ons pasca Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan tercipta rekor 6,6 juta warga Amerika mengajukan asuransi pengangguran awal pekan lalu. Angka ini dua kali lipat dari tingkat tertinggi sepanjang masa pada minggu sebelumnya.

“Virus COVID-19 terus memengaruhi jumlah klaim pengangguran awal,”

“Hampir setiap negara bagian memberikan pernyataan mengutip virus COVID-19,”

Emas spot, yang mencerminkan perdagangan langsung emas batangan, turun 0,11% ke $1.612,50.

Beberapa trader emas memprediksi logam kuning akan membangun keuntungannya di sesi mendatang.

“Dengan latar belakang fundamental yang sangat (menguntungkan) dan pasar pada umumnya tampak agak tenang dari kepanikan yang terjadi beberapa minggu terakhir, ada banyak hal yang disukai tentang emas,”

“Secara teknikal penembusan di atas $1.600 jelas akan positif bagi emas dan memberi sinyal masuk mungkin untuk jangka panjang.”

Yang lain tidak begitu yakin, mengutip pergerakan emas sampai Maret, di mana emas terkadang bergerak liar, lebih mirip seperti aset berisiko ketimbang safe haven ketika investor melikuidasi kepemilikan pada logam mulia untuk menutupi kerugian di Wall Street dan di aset lain.

Bursa saham AS menguat pada Kamis setempat, mengikuti penguatan harga minyak, setelah sebelumnya jatuh akibat rekor klaim pengangguran di AS.

“Level $1.640 per ons merupakan titik resisten teknikal yang tangguh,” kata Jeffrey Halley, analis di platform perdagangan daring OANDA, mengatakan.

“Kami belum tahu apakah perburuan dolar selama aksi jual saham telah berhenti menjadi pendorong penting kinerja emas,”

“Dengan pertimbangan itu, para pemburu di harga murah pada level-level tersebut harus menghindari pembukaan posisi yang terlalu banyak.”

Equityworld Futures