PT Equityworld Futures : Harga Emas Naik Ditengah Meningkatnya Ketidakpastian Pasar

PT Equityworld Futures : Harga Emas Naik Ditengah Meningkatnya Ketidakpastian Pasar

PT Equityworld Futures : Harga Emas Naik Ditengah Meningkatnya Ketidakpastian Pasar

Equityworld Futures – Harga emas naik bahkan ketika investor mengurangi posisinya di aset risiko dalam situasi pasar yang tidak menentu ini.

Emas Berjangka naik 1,28% di $1.498,20 per ons menurut data, sedangkan XAU/USD juga bergerak menguat 1,55% di $1.495,76 per ons.

Di saat pandemi virus terus memberikan ancaman resesi, upaya global untuk menenangkan investor ekuitas dalam sepekan terakhir memotong reputasi emas sebagai aset safe haven. Investor berbondong-bondong memilih membeli dolar AS dalam perebutan uang tunai untuk menutupi kerugian di pasar lain.

Vivek Dhar, analis di Commonwealth Bank of Australia, menjelaskan kepada Bloomberg, “Tatkala langkah-langkah stimulus/penurunan suku bunga – termasuk program pembelian obligasi darurat ECB – biasanya ini hal positif untuk emas, kami pikir setiap dukungan akan berlangsung sesaat,” ia menambahkan, “Ada minat yang jelas untuk dolar AS ketimbang emas karena risiko pasar global terus meningkat, dan itu akan menekan harga emas lebih rendah dalam waktu dekat.”

Harga emas “tidak bisa istirahat” analis pasar Oanda dalam catatan. Tapi ia terdengar bernada lebih positif ketika ia menambahkan, “24 jam terakhir memberikan langkah-langkah stimulus tambahan dari Fed, ECB dan BOE, yang seharusnya jelas memberikan emas batu loncatan yang akan menembakkan harga emas lebih tinggi setelah perebutan uang tunai dan dolar melemah. Jika level $1.450 per ons ditembus emas, kita bisa melihat satu aksi jual ekstrem terakhir sebelum terjadi kenaikan kembali.”

Equityworld Futures