PT Equityworld Futures : Harga Emas Naik pun Dolar AS, Ketua Fed Powell Diusulkan Jabat Periode Kedua

PT Equityworld Futures : Harga Emas Naik pun Dolar AS, Ketua Fed Powell Diusulkan Jabat Periode Kedua
PT Equityworld Futures : Harga Emas Naik pun Dolar AS, Ketua Fed Powell Diusulkan Jabat Periode Kedua

Equityworld Futures – Harga emas naik di Asia, tetapi tetap mendekati level terendah lebih dari dua minggu. Spekulasi soal kenaikan suku bunga yang lebih cepat dari perkiraan masih meningkat setelah Presiden AS Joe Biden menominasikan Ketua Federal Reserve yang sedang menjabat Jerome Powell untuk melanjutkan masa jabatan keduanya.

Harga emas berjangka naik tipis 0,05% di $1.807,25/oz setelah jatuh 2,1% ke level terendah sejak 5 November pada hari Senin. Dolar AS, yang biasanya bergerak terbalik terhadap emas, naik tipis 0,04% ke 96,578 pada hari Selasa dan tetap mendekati level tertinggi 16 bulan.

Biden menominasikan Powell untuk masa jabatan kedua selama empat tahun ke depan pada hari Senin daripada Lael Brainard, yang dipromosikan menjadi wakil ketua Fed. Peran Powell dan Brainard perlu dikonfirmasi oleh Senat AS.

“Tidak akan ada perubahan hawkish yang tiba-tiba karena pencalonan itu, tetapi kelanjutan dari kebijakan saat ini dengan pengurangan aset yang lebih cepat yang diajukan oleh pejabat pekan lalu,”

Sementara itu, investor juga terus memantau lonjakan kasus COVID-19 di Eropa. Namun, Gubernur Bank of France Francois Villeroy de Galhau mengatakan pada hari Senin bahwa kebangkitan kasus dan inflasi yang tinggi tidak akan mengubah rencananya untuk memulai pengurangan aset pada Maret 2022.

“Kebangkitan COVID-19 di Eropa dapat menyebabkan bank sentral mundur dari ekspektasi kenaikan suku bunga dan masih ada kebutuhan akan emas di lingkungan seperti ini,”

Di Asia Pasifik, China harusnya menghindari langkah-langkah ekonomi “seperti kampanye dan agresif” bahkan saat pemulihan ekonomi dari COVID-19 menghadapi tekanan baru ke bawah, Perdana Menteri China Li Keqiang menyatakan.

Reserve Bank of New Zealand akan mengeluarkan keputusan kebijakannya pada hari Rabu, dan Bank of Korea menyusul sehari kemudian.

Di logam mulia lainnya, perak dan platinum naik, sementara palladium juga melonjak 1,6%.

Equityworld Futures

ewf samarinda