PT Equityworld Futures : Harga Emas Terus Naik, Dolar AS Turun & Yield Obligasi AS Melonjak

PT Equityworld Futures : Harga Emas Terus Naik, Dolar AS Turun & Yield Obligasi AS Melonjak

PT Equityworld Futures : Harga Emas Terus Naik, Dolar AS Turun & Yield Obligasi AS Melonjak

Equityworld Futures – Harga emas terus naik. Pelemahan dolar AS memberikan dorongan bagi emas meskipun kenaikan ini dibatasi oleh pergerakan imbal hasil obligasi AS yang lebih tinggi.

Harga emas berjangka terus naik 0,68% ke $1.789,50 per troy ons dan XAU/USD makin naik 0,40% ke 1.791,23. Sedangkan indeks dolar AS turun tipis 0,025 ke 90,347 dan imbal hasil obligasi 10 tahun AS melonjak 3,28% di 1,389.

Permintaan emas fisik naik di India selama seminggu terakhir karena harga lokal mencapai level terendah sejak Juni 2020. Pusat-pusat komoditas ini di Asia lainnya juga mengharapkan kenaikan pembelian setelah libur Tahun Baru Imlek.

Sementara itu, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC) AS mengatakan pada hari Jumat bahwa hedge fund dan pengelola uang mengurangi posisi bullish-nya untuk emas COMEX dan menaikkannya posisi di kontrak perak dalam seminggu hingga 16 Februari.

Paket stimulus COVID-19 senilai $1,9 triliun yang diusulkan oleh Presiden AS Joe Biden juga terus mendapatkan dorongan setelah Dewan Perwakilan Rakyat AS pada hari Jumat lalu merilis undang-undang yang ditargetkan oleh anggota parlemen bisa disahkan dalam waktu seminggu.

Di sisi bank sentral, Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell akan menyampaikan laporan kebijakan moneter tengah tahunan Fed kepada Komite Perbankan Senat AS pada hari Selasa. Investor akan mengamati tanda-tanda kekhawatiran atas biaya pinjaman jangka panjang yang lebih tinggi di pihak Powell.

The Fed mengingatkan pada hari Jumat bahwa risiko kegagalan bisnis yang sedang berlangsung di AS “tetap besar” bahkan ketika ekonomi keluar dari COVID-19.

Perak, platinum dan paladium naik 1% lebih.

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) melonjak Rp14.000 dari Rp938.000 pada Selasa menjadi Rp952.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia.

Equityworld Futures