PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun, Pasar Tunggu Laporan Pekerjaan AS & Sinyal Tapering Fed

PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun, Pasar Tunggu Laporan Pekerjaan AS & Sinyal Tapering Fed
PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun, Pasar Tunggu Laporan Pekerjaan AS & Sinyal Tapering Fed

Equityworld Futures – Harga emas turun di Asia. Pergerakan masih tetap kecil lantaran investor menunggu laporan pekerjaan AS terbaru yang dapat menjadi petunjuk mengenai rencana pengurangan aset Federal Reserve usai rilis data ketenagakerjaan swasta sebelumnya di bawah ekspektasi.

Harga emas berjangka turun 0,17% di $1.812,95/oz. Dolar AS, yang biasanya bergerak terbalik terhadap emas, terus naik tipis 0,09% di 92,532 tetapi betah di sekitar posisi terendah multi minggu.

Data hari Rabu menunjukkan perubahan ketenagakerjaan nonpertanian ADP Agustus tercatat sebanyak 374.000. Angka tersebut di bawah perkiraan 613.000 yang disiapkan tetapi mengindikasikan pemulihan pasar kerja yang berkelanjutan dan stabil.

Laporan pekerjaan AS itu sendiri, termasuk ketenagakerjaan nonpertanian, akan dirilis pada hari Jumat. Investor akan memantau laporan ini untuk mencari petunjuk tentang jadwal pengurangan aset Fed dan kenaikan suku bunganya setelah Ketua Jerome Powell mengindikasikan pemulihan pasar tenaga kerja akan menentukan kapan bank sentral memulai pengurangan aset.

Sementara itu, indeks manajer pembelian manufaktur AS dari Institute of Supply Management (ISM)) berada di 59,9 pada bulan Agustus. Lebih banyak data, termasuk pesanan pabrik serta data perdagangan mulai ekspor, impor dan neraca perdagangan, akan dirilis pada sesi hari ini.

Di seberang Atlantik di Eropa, Presiden European Central Bank (ECB) Christine Lagarde mengatakan dalam wawancara bahwa ekonomi zona euro melanjutkan pemulihannya dari COVID-19 dan hanya membutuhkan “operasi” dukungan untuk sektor-sektor yang masih mengalami kesulitan.

Di Asia Pasifik, Australia merilis data perdagangannya sendiri sebelumnya. Tingkat ekspor negara itu tumbuh 5% dan import tumbuh 3% dari bulan ke bulan, sedangkan neraca perdagangan berada di AUD12,117 miliar.

Di logam mulia lainnya, perak turun 0,24% di 24,163, sementara platinum makin turun 0,94% ke 989,00 dan palladium turun 0,45% di 2.428,00.

Dari Indonesia, harga emas Antam (JK:ANTM) turun Rp2.000 dari Rp941.000 pada Rabu menjadi Rp939.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia.

Equityworld Futures

ewf samarinda