PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Pasca Catat Rekor Kenaikan Mingguan sejak 2008

PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Pasca Catat Rekor Kenaikan Mingguan sejak 2008

PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Pasca Catat Rekor Kenaikan Mingguan sejak 2008

Equityworld Futures – Harga emas turun di Asia setelah mencatat kenaikan mingguan terbesar sejak tahun 2008.

Emas berjangka turun sebesar 0,55% di $1,644.95 per troy ons,  setelah minggu lalu hampir mencapai $1.700 di tengah kekhawatiran dampak kerusakan ekonomi dari pandemi virus covid-19. Sementara untuk emas spot turun 0.77% menjadi $1.618.93 per troy ons.

Bursa saham Asia, yang biasanya bergerak berlawanan arah dengan emas, juga jatuh hari ini. Pandemi virus COVID-19 terus menunjukkan tanda-tanda tidak bakal mereda dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa kini ada 638.146 kasus virus global pada 29 Maret.

Meskipun jatuh hari ini, beberapa analis yakin ada harapan bahwa logam kuning akan menguat sesuai dengan reputasinya sebagai safe haven. “Rekor jumlah klaim pengangguran di AS sangat positif untuk emas ke depan dan ekspektasi stimulus lanjutan akan mendorong harga lebih tinggi lagi,”

Ia merujuk pada pengumuman rekor 3,28 juta klaim pengangguran di Amerika Serikat untuk pekan yang berakhir 21 Maret lalu.

Dalam berita lain, para pelaku pasar emas juga terus mengawasi pasokan fisik ketika karantina wilayah virus menghentikan jaringan pasokan.

Perusahaan penyuling emas Rand di Afrika Selatan, satu-satunya penyulingan emas di Afrika, mengatakan Jumat bahwa pihaknya telah menghentikan pengiriman emas batangan ke London akibat berkurangnya jumlah penerbangan komersial.

Thiagarajan juga setuju bahwa “ada juga keterbatasan pasokan dalam waktu dekat yang bisa mendorong harga lebih tinggi.”

Equityworld Futures