PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Tipis, Pasar Tunggu Hasil Pemilu Georgia di AS

PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Tipis, Pasar Tunggu Hasil Pemilu Georgia di AS

PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Tipis, Pasar Tunggu Hasil Pemilu Georgia di AS

Equityworld Futures – Harga emas turun tipis kala investor masih menunggu hasil pemilihan umum putaran kedua di negara bagian Georgia AS yang akan menentukan kemungkinan langkah-langkah stimulus lanjutan di Amerika Serikat.

Harga emas berjangka turun tipis 0,06% di $1.945,35 per ons dan XAU/USD berkurang 0,05% di $1.942,11.

Harga komoditas ini sempat naik lebih dari 2% selama sesi sebelumnya akibat meningkatnya jumlah kasus COVID-19 global dan tindakan pembatasan, imbal hasil riil AS yang lebih rendah, dan melemahnya dolar.

Dolar AS pun kini masih turun 0,21% di 89,660.

Dua kursi Senat yang diperebutkan dalam pemilihan umum di Georgia akan memutuskan kendali majelis tinggi, dan memberikan kemudahan bagi Presiden terpilih AS Joe Biden untuk dapat mendorong agendanya, seperti merombak aturan pajak untuk meningkatkan stimulus, ketika pemerintahannya mulai menjabat.

Federal Reserve AS juga akan merilis risalah dari pertemuan kebijakan Desember pada hari Rabu. Presiden Cleveland Federal Reserve Bank Loretta Mester mengatakan pada hari Senin bahwa kebijakan moneter akan tetap akomodatif untuk “beberapa waktu,” menjelang rilis.

Jumlah kasus COVID-19 global terus meningkat, dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada hari Senin memerintahkan penguncian nasional baru di negaranya juga telah membuat investor beralih ke aset safe haven.

Beberapa investor termasuk analis pasar senior Oanda Corp Craig Erlam memperingatkan bahwa penyebaran Covid-19 selama musim liburan dan pembatasan yang lebih ketat akan berdampak signifikan pada perekonomian. Namun, dampaknya kemungkinan mayoritas akan berhenti pada kuartal I tahun ini seiring berlanjutnya peluncuran vaksin.

“Emas menembus level $1.900 untuk memulai tahun ini, dengan dolar yang lebih lemah memberikan dorongan yang diinginkan logam kuning itu.” Menyusul pergerakannya menuju $1.945, dan dengan prospek dolar yang tidak terlihat lebih baik,” penurunan kembali ke $2.000 tiba-tiba terlihat sebagai masalah waktu,”

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) stabil di level Rp975.000 pada Selasa pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia.

Equityworld Futures