PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Tipis, Platinum Kian Menguat

PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Tipis, Platinum Kian Menguat

PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Tipis, Platinum Kian Menguat

Equityworld Futures – Harga emas turun tipis dan harga platinum malah terus naik selama tiga sesi berturut-turut dan sempat mencapai level tertinggi September 2014. Harapan pemulihan ekonomi global yang cepat juga menambah amunisi harapan bahwa permintaan logam katalis kendaraan tersebut, yang digunakan oleh para produsen mobil untuk pembuatan konverter katalitik guna membersihkan asap knalpot mobil, juga akan meningkat.

Namun, platinum juga dapat mengalami defisit tahunan ketiga berturut-turut pada 2021 karena masalah pasokan di Afrika Selatan, produsen platinum terbesar di dunia.

Harga emas berjangka turun tipis 0,03% di $1.822,60 per troy ons pukul 14.18 WIB dan harga platinum pun terus naik 0,57% ke $1.321,20 per troy ons menurut. Selama 3 hari terakhir, harga platinum terus ditutup lebih 0,50%.

Sedangkan, indeks dolar AS kian melemah 0,17% ke 90,312.

Imbal hasil acuan obligasi AS terus beranjak naik ke level tertinggi sejak Maret 2020, dan saham-saham global melanjutkan relinya dari pekan lalu. Optimisme terhadap pemulihan ekonomi yang cepat dari COVID-19 dan ekspektasi suku bunga rendah nan berkelanjutan membuat investor beralih ke aset berisiko.

Di Australia, Reserve Bank Australia (RBA) merilis risalah dari pertemuan Februari sebelumnya. Federal Reserve AS juga dijadwalkan akan merilis risalah dari pertemuan Federal Open Market Committee Januari pada hari Rabu.

Di seberang Atlantik, Uni Eropa (UE) kemungkinan akan memutuskan kapan dan bagaimana pemerintah akan mulai mengurangi dukungan untuk ekonominya antara Maret dan Mei, seiring berlanjutnya peluncuran vaksin di wilayah tersebut yang bisa mencabut penguncian COVID-19 dan dimulainya kembali aktivitas ekonomi, kata para pejabat pada hari Senin. Para menteri keuangan UE akan menggelar rapat untuk membahas situasi dan prospek ekonomi kawasan saat ini.

Data PDB dan Zentrum für Europäische Wirtschaftsforschung (ZEW) Economic Sentiment index UE juga akan dirilis.

Terkait vaksin, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Senin menyetujui vaksin covid-19 buatan AstraZeneca PLC (LON:AZN) dan Universitas Oxford untuk penggunaan darurat.

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) turun Rp5.000 dari Rp940.000 pada Senin menjadi Rp935.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia.

Equityworld Futures