PT Equityworld Futures : Komentar di Davos Forum Berpeluang Turunkan Yen dan Emas

PT Equityworld Futures : Komentar di Davos Forum Berpeluang Turunkan Yen dan Emas

PT Equityworld Futures : Komentar di Davos Forum Berpeluang Turunkan Yen dan Emas

Equityworld Futures – Mata uang terkait komoditas seperti USD/AUD dan Selandia Baru dapat naik lebih tinggi jika komentar dari para pejabat yang hadir di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss menyampaikan nada optimis. Namun, merebaknya wabah coronavirus di Cina telah melemahkan mood pasar dan menyebabkan Indeks Hang Seng menurun hampir tiga persen, dan Wall Street sudah terkena dampaknya yang menyebabkan S&P 500 anjlok.

Sementara IMF merilis Outlook Ekonomi Dunia (WEO) dengan perkiraan tingkat pertumbuhan 3,3 persen di tahun 2020, turun sedikit dari perkiraan sebelumnya. Lembaga pemberi pinjaman internasional itu mencatat bahwa pertumbuhan global tampaknya menunjukkan tanda-tanda stabilisasi tetapi memperingatkan risiko geopolitik dapat mengakibatkan gagalnya pemulihan. Beberapa risiko diantaranya termasuk ketegangan AS-Iran dan ketidakpastian kebijakan perdagangan global.

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden AS Donald Trump baru-baru ini menyetujui gencatan senjata perdagangan menyusul meningkatnya ketegangan terkait rancangan undang-undang pajak digital yang diusulkan sebelumnya.

Washington mengancam penerapan tarif balasan dan Paris bersumpah untuk melakukan hal yang sama. Namun, détente sementara menempatkan ketegangan perdagangan Uni Eropa-AS terus membara sampai akhir tahun, dan kemungkinan berdampak pada pemilihan presiden AS tahun 2020.

Selain publikasi terbaru dari data ZEW Jerman yang lebih baik dari perkiraan – seperti yang diperkirakan – pasar juga memberikan sentimen positif untuk rilis laporan lain ke depan.

Rangkaian statistik industri akan dipublikasikan menjelang akhir minggu, yang – menurut analisis IMF sendiri – harus mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Namun, isyarat pelemahan dapat menekan aset terkait-sentimen dan mendorong kenaikan USD/JPY dan XAU/USD.

 

 

 

Equityworld Futures