PT Equityworld Futures : Langkah Lanjutan Fed Belum Jelas, Emas Stagnan di Level $1.500

PT Equityworld Futures : Langkah Lanjutan Fed Belum Jelas, Emas Stagnan di Level $1.500

PT Equityworld Futures : Langkah Lanjutan Fed Belum Jelas, Emas Stagnan di Level $1.500


Equityworld Futures – Emas berjangka turun tetapi harga masih di atas level $1.500. Kekuatan buyer memberi dorongan naik bagi logam kuning setelah penurunan suku bunga terbaru oleh The Fed AS, tapi sisanya masih tetap tak yakin dengan langkah berikutnya.

Emas Berjangka AS untuk penyerahan Desember ditutup turun $9,60, atau 0,6%, pada $1,506,20 per ons berdasar data divisi Comex di New York Mercantile Exchange (NYMEX).

XAU/USD, yang mencerminkan perdagangan bullion, juga bergerak di level $1.500, naik $6,43, atau sebanyak 0,4%, ke $1.500,56.

The Fed mengeksekusi pemotongan suku bunga AS sebanyak 25 basis poin pada Kamis dini hari untuk kedua kalinya tahun ini, seperti yang diterapkan pada Juli silam. Tingkat dana federal sekarang bernilai 1,75% hingga 2%.

Pemotongan suku bunga tersebut telah membuat dolar AS relatif menguat, bukannya melemah. Indeks Dolar AS jatuh 0,3% pada hari Kamis, tapi masih berada di dekat level bullish 98 poin.

Emas seharusnya menjadi lindung nilai terhadap dolar yang lemah, tetapi kekuatan relatif greenback telah membuat trader logam mulia terkesima.

The Fed telah menjadi masalah lain.

Bank sentral AS memiliki dua pertemuan kebijakan lagi di tahun ini yakni Oktober dan Desember, tetapi tidak ada kepastian bakal memangkas suku bunga lebih lanjut. Perangkat Pemantau Bunga Fed Investing.com menempatkan peluang penurunan suku bunga Oktober kurang dari 50% dengan kemungkinan penurunan suku bunga lain terjadi di bulan Desember.

“Masih ada ketidakpastian atas suku bunga jangka panjang,”

“Belanja pemerintah AS yang besar dan angka pekerjaan membaik juga menjaga Indeks Dolar tetap di kisaran atas 97-98, membatasi emas di level ini.”

Sejak awal September, emas telah menunjukkan sedikit kemilaunya dalam rentang bulan Juni-Agustus, ketika harga dengan mudah mencapai tingkat tertinggi enam tahun dan terlihat bersiap melampaui level $1.600. Emas berjangka telah jatuh 1,5% untuk bulan ini.

Terlepas dari pelemahan yang terjadi baru-baru ini, emas bullion dan emas berjangka masih naik sekitar 17% di tahun ini.

Equityworld Futures