1
EquityWorld Futures – Laju Indeks Harga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam sepekan terakhir di bulan Agustus mengalami peningkatan sebesar 0,83% pada posisi 6.018,46 dari 5.968,75 pada periode penutupan pekan lalu. Mengikuti kenaikan IHSG, kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia (BEI) menanjak 0,79% menjadi Rp6.783,26 triliun pada penutupan pekan ini dari Rp6.729,79 pada pekan sebelumnya.

“Sementara itu rata-rata volume transaksi harian juga mengalami peningkatan sebesar 12,90% menjadi 9,19 miliar unit saham dari 8.14 miliar unit saham pada pekan sebelumnya. Rata-rata nilai transaksi harian perdagangan BEI mengalami peningkatan sebesar 2,74% menjadi Rp7,99 triliun dari Rp7,79 triliun pada pekan lalu,”.

Untuk rata-rata frekuensi transaksi harian juga mengalami peningkatan sebesar 1,57 %menjadi 354.462 kali transaksi dari 348.999 transaksi pada minggu lalu. Investor asing melakukan jual bersih pada pekan ini senilai Rp1,1 triliun. Sementara itu investor asing melakukan jual bersih senilai Rp50,18 triliun selama tahun 2018.

Pada Senin (27/8) Investor Summit 2018 di Jakarta resmi dibuka dengan sambutan dari Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Fakhri Hilmi dan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djayadi. Acara Investor Summit 2018 di Jakarta dibuka dengan penyelenggaraan seminar pasar modal bertema “Berinvestasi dengan Mudah di Era Ekonomi Digital” yang menghadirkan pembicara utama Presiden Direktur Bareksa.com Ady F. Pangerang, Head of Fintech Tokopedia Samuel Sentana, dan Head of Financial & Payment Services BukaLapak dengan moderator Presenter, Penyiar Radio, dan Investor Pasar Modal Steny Agustaf.

Dalam kegiatan yang bertempat di Gedung BEI ini, dilaksanakan Paparan Publik atau Public Expose dari 65 Perusahaan Tercatat kemudian dilanjutkan dengan konferensi pers di Gallery BEI. Total peserta yang berpartisipasi dalam acara Investor Summit 2018 di Kota Jakarta selama tiga (3) hari, yaitu sebanyak 675 peserta.

BEI melalui Kantor Perwakilan Palembang melaksanakan kegiatan pengenalan pasar modal bagi warga kecamatan Tanjung Batu dan kecamatan Payaraman, Ogan Ilir, . Berlokasi di Balai Desa Sri Kembang I dan dihadiri oleh 51 Warga. Edukasi Pasar Modal ini merupakan edukasi pertama di Sumatera Selatan yang dilakukan secara langsung bagi Masyarakat Pedesaan.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama BEI Kantor Perwakilan Sumatera Selatan dengan Galeri Investasi BEI Universitas Muhammadiyah Palembang, beserta Kuliah Kerja Nyata Angkatan ke-50 Universitas Muhammadiyah Palembang yang juga menghadirkan PT Phillip Sekuritas Indonesia cabang Palembang.

Perdagangan Bursa Efek Indonesia dibuka oleh PT MNC Asset Management dalam rangka Pencatatan Perdana Reksa Dana ETF MNC36 LIKUID yang diperdagangkan dengan kode XMTS dan menjadi ETF ke-6 (enam) di tahun 2018 atau ETF ke-20 (dua puluh) yang tercatat di BEI sampai dengan saat ini.

Pada penghujung bulan Agustus BEI mencatatkan perusahaan yang ke-34 di tahun 2018 pada Kamis (30/8), yaitu PT PT Madusari Murni Indah Tbk dengan kode saham MOLI dan tercatat di Papan Pengembangan BEI. MOLI termasuk ke dalam sektor Basic Industry and Chemicals. Dengan pencatatan ini, total perusahaan tercatat di BEI saat ini adalah 598 perusahaan.

BEI, PT Elex Media Komputindo, dan Radio Smart FM mengadakan acara Book of The Week. Acara yang diselenggarakan di Main Hall BEI ini merupakan kegiatan talkshow yang menghadirkan para penulis buku tentang perencanaan keuangan dan investasi sebagai pembicara dan disiarkan secara langsung di Radio Smart FM.

Para penulis buku yang hadir di antaranya Inspirator Investasi Ryan Filbert, Inspirator Investasi Andika Sutoro Putra, dan Raymond Budiman, Equity Investment Manager PT MNC Asset Management. Kegiatan ini juga akan dihadiri oleh Direktur Pengembangan BEI, Bapak Hasan Fawzi sebagai pemapar Keynote Speech dalam kegiatan ini.

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia dan Masyarakat Ekonomi Syariah dalam rangka Peluncuran Reksa Dana Manulife Dana Kas Syariah dan Seminar Kontribusi Pasar Modal Syariah Dalam Memajukan Keuangan Syariah Indonesia. Dalam acara tersebut turut hadir Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala BAPPENAS Bambang Brodjonegoro.

EquityWorld Futures