PT Equityworld Futures : Tensi Dagang Menurun, Harga Emas Takluk

PT Equityworld Futures : Tensi Dagang Menurun, Harga Emas Takluk
PT Equityworld Futures : Tensi Dagang Menurun, Harga Emas Takluk

Equityworld Futures – Harga emas turun di Asia pasca keputusan Amerika Serikat menunda pengenaan tarif atas barang-barang tertentu dari Cina dan ini mengurangi ketegangan yang terjadi antara kedua belah pihak akibatnya permintaan logam safe haven kini menurun.

Emas berjangka untuk penyerahan Desember berdasar data Comex di New York Mercantile Exchange (NYMEX) melemah 0,4% menjadi $1,507.95.

Kantor Trade Representative AS (USTR) mengumumkan semalam bahwa produk-produk tertentu termasuk pakaian dan ponsel telah dihapus dari daftar tarif berdasarkan faktor “kesehatan, keselamatan, keamanan nasional, dan faktor-faktor lain” dan tidak akan menghadapi tarif tambahan 10%.

Tarif lain untuk barang-barang tertentu akan ditunda hingga 15 Desember mulai dari 1 September, USTR melanjutkan.

Keputusan ini menyebabkan meningkatnya harapan luas bahwa perang perdagangan antara kedua negara sedang menuju masa perbaikan dan mendorong harga ekuitas bergerak menguat tetapi menghancurkan permintaan untuk emas safe haven.

Sebelum berita ini dipublikasikan Rabu pagi, harga emas mencapai tingkat tertinggi enam tahun di tengah kekacauan politik Hong Kong di mana bandara kota dilanda aksi unjuk rasa yang telah berlangsung selama dua hari ini.

Carrie Lam mengatakan awal pekan ini bahwa kekerasan yang berlanjut dan melibatkan para pengunjuk rasa bisa membuat kota tersebut “jatuh ke dalam jurang yang tak berujung”.

Semalam, Presiden AS Donald Trump men-tweet bahwa pemerintah Cina memobilisasi pasukan dekat perbatasan Hong Kong. Analis memperingatkan bahwa situasi ini bisa lebih cepat memanas jika Beijing memutuskan untuk bertindak dengan kekuatan militer.