PT Equityworld – Indeks Dow Jones naik 218 poin pada saat yang sama mencatat rekor baru pada penutupan perdagangan rabu atau kamis (11/11/2016) dini hari, menyusul euforia pasar menyambut kemenangan Trump.

Investor percaya bahwa kebijakan Donald Trump akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

Namun, euforia tersebut tidak dirasakan oleh saham-saham teknologi informasi, serta yang berkaitan dengan Obamacare dan negara-negara berkembang, karena Trump memiliki rencana sendiri terkait dengan itu.

PT Equityworld | Indeks Dow Jones ditutup naik 1,2 persen untuk menyentuh rekor baru pada posisi 18.807,88.

Sementara itu, indeks Standard & Poor 500 naik sebesar 0,2 persen ke level $ 2.190,15. Adapun indeks Nasdaq turun tipis 0,8 persen.

Secara umum, Wall Street mulai berubah pandangannya dari Trump, dari pribadi ke berfokus pada berbagai kebijakan ekonomi yang akan diambil.

Wall Street juga berharap bahwa kebijakan Trump pro-growth mendapatkan dukungan dari Kongres.

“Reli di Wall Street dapat menunjukkan bahwa investor mulai melihat potensi ekonomi yang lebih baik di masa depan,” kata chief strategist di Gluskin, Sheff Rosenberg.

PT Equityworld : Ada sejumlah teori yang mencoba untuk menjelaskan Wall Street benar-benar menguat menyusul kemenangan Trump mengejutkan.

Pertama, cara pemerintah memperkuat pasar pasca-Brexit pada bulan juni diikuti oleh penguatan pasar setelahnya. Kedua, pidato kemenangan yang diucapkan Trump terbaru berharap bahwa politik yang ia tempuh akan lebih moderat dari sebelumnya. Selain itu, ekonomi AS memang mendukung untuk memperkuat pasar.

Pelaku pasar juga mencoba untuk mengevaluasi potensi ekonomi yang muncul dari disukai Trump, yang rencana penurunan pajak dan meningkatkan infrastruktur sehingga ekonomi AS sedang bergerak.

“Meningkatnya prospek pemotongan pajak dan kebijakan pro-pertumbuhan oleh Truf yang didukung oleh partai Republik telah membuat pasar berbalik arah naik,” kata Martin Gilbert, CEO dari Aberdeen Asset Management.

Saham-saham di bursa AS menguat luar biasa sehingga mengangkat indeks-indeks utama, Rabu atau Kamis (10/11/2016) dini hari. Hal ini tentu saja mengejutkan investor global yang sebelumnya melakukan aksi jual merespon situasi terkini politik AS.

Pasar berbalik arah ke teritori positif setelah mengalami volatilitas, menyusul pidato dari Donald Trump yang memenangi pilpres AS melawan calon presiden dari Partai Republik Hillary Clinton.

 

PT EQUITYWORLD FUTURES