PT Equityworld Futures Samarinda – Harga minyak sedikit lebih tinggi pada hari Jumat, tetap mendekati level tertinggi dalam lebih dari tiga setengah tahun setelah para pejabat dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan Rusia bertemu di Arab Saudi.

Panel gabungan OPEC dan non-OPEC menemukan bahwa kepatuhan pada perjanjian untuk mengekang produksi mencapai “rekor tertinggi” lain sebesar 149%, sementara pasokan global yang melimpah telah “hampir dieliminasi”.

Persediaan minyak di negara-negara maju pada Maret mencapai 12 juta barel di atas rata-rata lima tahun, kata sebuah sumber kepada Reuters. Itu turun dari 340 juta barel di atas rata-rata pada Januari 2017.

PT Equityworld Samarinda : Minyak datar seperti Rusia merenungkan pelonggaran tingkat kuota dalam H2

Menteri Energi Rusia Alexander Novak berkomentar bahwa diskusi tentang pengurangan tingkat kuota dapat dimulai pada paruh kedua tahun ini atau 2019, meskipun ia bersikeras bahwa itu tetap harus dilihat jika penyeimbangan pasar berkelanjutan.

Dalam konferensi pers setelah pertemuan, Menteri Energi Saudi, Khalid Al-Falih mengatakan bahwa sementara kepatuhan adalah tingkat tertinggi yang pernah ada, produsen masih memiliki jalan panjang dan target inventaris baru kemungkinan akan dipilih pada bulan Mei dengan bantuan komite teknis OPEC

Masih di depan, angsuran mingguan aktivitas pengeboran dari Baker Hughes akan memberikan investor wawasan baru ke dalam produksi dan permintaan minyak AS setelah data pekan lalu menunjukkan jumlah rig minyak AS aktif naik untuk minggu kedua berturut-turut.

Berjangka minyak mentah AS naik 0,23% menjadi $ 68,45 pada 6:01 AM ET (10: 01GMT), sementara minyak Brent naik 0,27% menjadi $ 73,98.

 

(Sumber Reuters di edit oleh PT Equityworld Futures Samarinda)