PT Equityworld Samarinda – Saham Asia menguat pada hari Jumat karena saham teknologi didorong oleh pendapatan optimis dari raksasa teknologi tinggi A.S. sementara euro melayang mendekati level terendah tiga bulan terhadap dolar setelah Bank Sentral Eropa memperpanjang rangsangannya.

Dolar Australia jatuh ke level terendah 3 1/2 bulan di $ 0,7625 setelah pemerintah koalisi konservatif Australia kehilangan mayoritas parlemen satu kursi setelah sebuah keputusan Pengadilan Tinggi bahwa Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce tidak memenuhi syarat untuk tetap tinggal di parlemen. Pengadilan sekarang telah memerintahkan pemilihan sela untuk kursi Joyce.

S & P / ASX200 Australia (AXJO) turun sekitar 0,6 persen setelah berita tentang diskualifikasi Joyce.

Nikkei Jepang (N225) naik 0,9 persen sementara indeks saham Asia Pasifik terbesar MSCI di luar Jepang naik 0,3 persen (MIAPJ0000PUS), dengan saham Hong Kong (HSI) memimpin kenaikan.

“Pendapatan perusahaan naik ke tingkat rekor di dunia Dan IMF baru saja mengupgrade perkiraan ekonominya untuk seluruh A.S., China, Eropa dan Jepang,” kata Mutsumi Kagawa, kepala strategi global di Rakuten Securities.

Penghasilan dari Alphabet (O: GOOG), Microsoft (O: MSFT) dan Amazon.com (O: AMZN), perusahaan terbesar kedua, ketiga dan kelima di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, semuanya optimis, meningkatkan saham mereka dalam perdagangan after-hour .

Saham di perusahaan tersebut naik 2,8 persen, 4,5 persen dan 7,6 persen.

Sebelum itu, Indeks S & P 500 AS (SPX) naik 0,1 persen ke level yang mendekati rekor tertinggi menyentuh pekan lalu, berkat ekonomi global yang kuat dan pendapatan perusahaan yang solid.

Karena pendapatan kuartal ketiga mendekati angka setengah jalan, 74 persen perusahaan A.S. telah melampaui ekspektasi, di atas tingkat suku bunga 72 persen selama empat kuartal terakhir.

Dewan Perwakilan Rakyat A.S. membantu membuka jalan pada Kamis untuk pemotongan pajak yang mendalam yang dicari oleh Presiden Donald Trump, yang menghasilkan cetak biru anggaran untuk fiskal 2018 yang akan memungkinkan undang-undang perpajakan tersebut untuk memenangkan persetujuan kongres tanpa suara Demokrat.

“Secara keseluruhan, saham pertumbuhan kuat kemarin di AS dan Eropa. Dan sekarang bahwa Partai Republik dapat melewati reformasi pajak, debat pemotongan pajak sekarang tampaknya akan dimulai minggu depan,” kata Nobuhiko Kuramochi, kepala strategi di Efek Mizuho.

Saham Jerman (GDAXI) mencapai rekor tertinggi pada hari Kamis sementara indeks Eurofirst 300 Eropa (FTSE) naik 1,1 persen, kenaikan terbesar dalam 3 1/2 bulan, setelah ECB memperpanjang program pembelian obligasi hingga September.

Meskipun ECB mengurangi separuh ukuran pembelian obligasi menjadi 30 miliar euro per bulan dari bulan Januari, ia juga menjanjikan stimulus selama bertahun-tahun dan bahkan membiarkan pintu terbuka untuk mengundurkan diri.

Hasil obligasi zona euro anjlok, dengan benchmark yield Jerman 10-tahun turun sekitar 6 basis poin menjadi 0,42 persen, jatuhnya harian terbesar dalam sembilan bulan.

Imbal hasil utang yang dikeluarkan oleh negara-negara Eropa Selatan terlihat kurang kredibel juga turun, dengan premi yang diminta investor dari obligasi Italia turun menjadi 1,53 poin persentase, mendekati level terendah 7 1/2 bulan yang menyentuh pada awal Agustus.

Hasil utang Spanyol juga jatuh pada harapan adanya terobosan dalam krisis Catalan, meski risiko konfrontasi langsung antara Madrid dan Barcelona tetap ada.

Senat Spanyol akan menyetujui pengambilalihan institusi dan polisi Catalonia pada hari Jumat, dan memberi pemerintah Madrid kekuatan untuk memindahkan presiden Catalan, sebuah langkah yang dapat memicu protes sipil.

Di pasar mata uang, sikap dovish ECB mengirim euro ke level terendah tiga bulan di $ 1,1631.

Dolar sedikit bergerak terhadap yen di 114,09, mendekati level tertinggi tiga bulan di hari Rabu di 114,245.

Di sisi lain, kontrak berjangka minyak mentah Brent dipegang perusahaan setelah ditutup pada level tertinggi 27 bulan pada hari Kamis karena pasar berfokus pada komentar Arab Saudi tentang mengakhiri kelonggaran pasokan global, menyingkirkan persediaan minyak mentah AS yang tak terduga dan produksi AS yang tinggi. ekspor.

Brent (LCOc1) berdiri sedikit berubah pada $ 59,32 per barel, tepat di bawah level tertinggi Kamis di $ 59,55

Minyak mentah Antar Jaga West Texas Intermediate (CLc1) mengambil $ 52,64 per barel, rata dari penutupan tertinggi enam bulan Kamis.

Sumber Reuters, editing by : PT Equityworld Samarinda