PT Equityworld Futures Samarinda – Saham Asia dikupas keuntungan awal pada hari Jumat karena kehati-hatian merayap di depan musim laba AS dan karena investor menimbang kemungkinan dampak pada pertumbuhan global dari spat tarif antara Amerika Serikat dan China.

Investor juga dibiarkan mencerna data campuran dari China yang menunjukkan ekspor Maret secara tak terduga turun 2,7 persen dari tahun sebelumnya, sementara impor tumbuh lebih dari perkiraan.

Itu meninggalkan negara dengan defisit perdagangan langka $ 4,98 miliar untuk bulan ini, yang pertama sejak Februari lalu.

Cina adalah konsumen minyak mentah bersih terbesar di dunia dan pembeli atas tembaga, batu bara, bijih besi dan kedelai.

Indeks MSCI terluas dari saham Asia Pasifik di luar Jepang (MIAPJ0000PUS) naik tipis 0,07 persen, setelah naik sebanyak 0,5 persen dalam perdagangan pagi.

Ini masih naik sekitar 2 persen dalam seminggu.

Saham China terpukul sedikit, dengan indeks CSI300 blue-chip (CSI300) dan SSE Shanghai (LON: SSE) Composite (SSEC) turun 0,4 persen. Indeks Hang Seng Hong Kong (HSI) melemah 0,1 persen sementara Nikkei Jepang (N225) naik 0,5 persen.

Sementara itu, futures menunjukkan awal yang lemah untuk saham AS dengan E-Minis untuk S & P 500 (ESc1) turun 0,3 persen.

Musim pendapatan dimulai pada hari Jumat dengan laporan dari JPMorgan Chase & Co (N: JPM), Citigroup Inc (N: C) dan Wells Fargo & Co (N: WFC).

PT Equityworld Samarinda : Saham Memperoleh Kenaikan pada ketidakpastian atas perdagangan, data China yang beragam

Analis memperkirakan laba kuartalan untuk S & P 500 perusahaan naik 18,4 persen dari tahun lalu, yang akan menjadi kenaikan terbesar dalam tujuh tahun, menurut Thomson Reuters I / B / E / S.

“Pakar strategi ekuitas AS kami berpikir bahwa musim penghasilan ini harus menjadi dukungan yang signifikan untuk ekuitas karena perusahaan memberikan pertumbuhan pendapatan yang lebih kuat dari yang diharapkan dan memberikan panduan tentang pengembalian pemegang saham dari pajak tak terduga,” analis di JPMorgan mengatakan dalam sebuah catatan.

“Para ahli strategi ekuitas Asia kami setuju.”

Namun, ketegangan perdagangan mendominasi percakapan dengan para analis di Citi dan tidak memperpanjang ketidakpastian kemungkinan akan merugikan ekonomi Asia terbuka seperti Taiwan, Singapura dan Korea Selatan.

Dalam perubahan taktik, Trump Kamis meminta penasihat perdagangannya untuk melihat bergabung kembali dengan Trans Pacific Partnership, perjanjian perdagangan multinasional dia menarik Amerika Serikat dari awal tahun lalu.

Namun dia kemudian men-tweet bahwa Amerika Serikat hanya akan bergabung dengan TPP jika kesepakatan itu jauh lebih baik daripada yang ditawarkan kepada mantan Presiden Barack Obama.

PT Equityworld Samarinda : “Pasar telah didorong oleh Trump,” kata Hiroshi Watanabe, ekonom di Sony Financial Holdings.

“Mody operandinya tampaknya melakukan apa saja yang tampaknya baik untuk terpilih kembali. Jika proteksionisme tidak berhasil, ia mungkin beralih ke perdagangan internasional,” tambahnya.

“Pasar masih belum yakin jika AS benar-benar bergabung kembali dengan TPP. Tetapi jika itu terjadi, sangat positif bagi ekonomi global dan pasar saham akan menyukainya.”

Di pasar mata uang, dolar adalah bayangan menguat di 107,35 yen , merayap mendekati tertinggi lima minggu di 107,49 yang disentuh pada 5 April.

Yen dicari ketika investor mengalihkan risk averse karena surplus Jepang yang besar dan kuat serta aset lepas pantai yang besar-besaran memberikan perlindungan terhadap arus modal keluar dari negara-negara yang defisit-defisitnya sangat rentan.

Euro (EUR =) datar pada $ 1,2328, meskipun pada minggu ini telah mempertahankan kenaikan 0,4 persen.

Harga minyak melemah menyusul saran dari Presiden AS Donald Trump bahwa serangan militer terhadap Suriah mungkin tidak akan terjadi. Mereka masih bersiap untuk kenaikan mingguan terbesar sejak Juli lalu. [ATAU]

Minyak mentah Brent berjangka (LCOc1) turun 20 sen menjadi $ 71,82 per barel, tidak jauh dari tertinggi hari Rabu $ 73,09. Minyak mentah WTI AS (CLc1) tergelincir 20 sen menjadi $ 66,89.

Di tempat lain, bitcoin (BTC = BTSP) diambil $ 7,968.5 setelah keuntungan 14,2 persen pada hari Kamis, kenaikan terbesar dalam empat bulan.

 

Sumber Reuters di edit oleh PT Equityworld Futures Samarinda