Paris (ANTARA News) – Juara bertahan Real Madrid menjadi klub pertama dalam sejarah Liga Champions League memenangi semua pertandingan fase grup dalam dua musim setelah menang besar 4-0 dari klub Bulgaria Ludogorets Rabu dini hari tadi.

Juara 10 kali Liga Champions itu sebelumnya mencapai prestasi itu pada musim 2011/2012.

Sementara itu dua gol Aymen Abdennour dan Fabinho meloloskan Monaco ke 16 Besar setelah menang 2-0 dari Zenit St Petersburg. Ini adalah kali pertama sejak 2004 klub ini maju lagi ke 16 Besar.

Klub Prancis yang mencetak empat gol dalam enam laga fase grup ini memuncaki Grup C setelah Bayer Leverkusen hanya seri 0-0 dalam laga tandang melawan Benfica yang menduduki juru kunci grup, sedangkan Zenit ke Liga Europa.

Pelatih Monaco asal Portugal Leonardo Jardim bahagia telah membuktikan bahwa anggapan orang salah telah timnya.

“Dua tim Prancis lolos ke 16 Besar adalah langka,” kata Jardim, yang meneruskan kepelatihan Claudio Ranieri dan kehilangan dua pemain bintang James Rodriguez dan Radamel Falcao itu.

Tim Prancis lainnya yang lolos adalah Paris St Germain.

“Dan saya ingin mengingatkan orang-orang bahwa pada Agustus kami lalu kami dianggap sebagai tim terburuk di grup ini.  Apakah ini balasan atas perkiraan itu? Tidak. Saya senang karena kami telah mencapai target kami.”

Rekan senegaraanya yang menangani Zenit, Andre Villas-Boas, menyatan pertahanan Monaco adalah kelas utama sehingga timnya sulit menembusnya.

Namun mantan pelatih Porto, Tottenham Hotspur dan Chelsea ini enggan mengomentari rumor kepindahannya ke Liverpool yang harus puas mendapatkan jatah Liga Europa seperti Zenit.

“Saya bahagia di Zenit dan saya terikat kontrak dengan mereka,” kata dia seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2014