Jakarta (ANTARA News) – Musyawarah Relawan Nusantara Jokowi-JK bertekad memantapkan gerekan revolusi mental yang digagas oleh Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Ammarsjah, Sterring Committee (SC) Musyawarah Relawan Nusantara Jokowi-JK mengemukakan hal itu dalam keterangan pers saat memberikan paparan terkait Pra Musyawarah di Jakarta, Rabu (20/8).

Menurut Amarsjah, kerja-kerja produktif yang akan dilakukan di antaranya, pertama, tetap merapatkan barisan demi menjaga sinergitas dukungan yang kuat dari masyarakat sehingga visi, misi dan program akan berjalan efektif.

“Kedua, mengawal pencapaian visi, misi dan program seperti yang termaktub dalam Nawa Cita agar arah, metode dan implementasinya sesuai dengan harapan rakyat,” ujarnya.

Koordinator SC Indro Tjahyono menjelaskan bahwa Relawan Jokowi-JK bukan relawan yang membantu masyarakat dalam menghadapi ancaman atau bencana yang bersifat teknis dan non teknis, tetapi mengabdi kepada segenap rakyat Indonesia untuk menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara demi menciptakan kehidupan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Karena itu, relawan yang bersifat sosial dan politis, perannya tidak berhenti setelah berhasil memenangkan pasangan Jokowi-JK ke kursi kekuasaan, namun harus dilanjutkan untuk mengisi kekuasaan itu dengan aktualisasi visi, misi dan program seperti yang dicita-citakan,” katanya.

Sementara itu, Humas Musyawarah Relawan Nusantara Nuryaman Berry Hariyanto menyatakan demi mewujudkan cita-cita ideal tersebut, sekitar 150 organ relawan akan melaksanakan musyawarah pada 21-22 Agustus 2014, di Jakarta. Rencananya, acara tersebut akan dibuka langsung oleh Jokowi dengan harapan musyawarah relawan ini akan menjadi alat konsolidasi organisasi relawan seluruh Indonesia pemenangan Jokowi-JK.

“Setelah itu, kami akan melakukan sejumlah kajian dan analisis terhadap kondisi aktual kebangsaan dan kenegaraan, serta melakukan pembahasan dalam mencari solusi yang mendasar dan tuntas yang akan diserahkan kepada pemegang mandat rakyat. Agar proses ideal tersebut berjalan sesuai harapan, kami juga akan membentuk wadah organisasi Relawan Jokowi-JK di tingkat nasional serta merumuskan aspek-aspek organisasi lainnya seperti visi, misi, struktur, dan program,” kata Berry. (*)

Editor: B Kunto Wibisono