Boyolali (ANTARA News) – Ribuan masyarakat mengadakan acara napak tilas dan mendeklarasikan dukunganya terhadap Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tempat kelahiran ibunda, Sujiatmi, di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu malam.

Ribuan warga di tempat kelahiran keluarga ibunda Jokowi, yakni Sujiatmi selain melakukan doa bersama, juga deklarasi mendukung pasangan Capres dan Cawapres Jokowi dan Jusuf Kalla menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2014-2019.

Acara napak tilas dan doa bersama untuk pasangan nomor 2 Jokowi-JK tersebut juga dihadiri oleh Ibunda Jokowi, Sujiatmi bersama keluarga besarnya, dan Bupati Boyolali, Seno Samodro.

Menurut Sujiatmi, keluarganya merasa tersanjung dengan sambutan antusias dan dukungan masyarakat di Desa Giriroto terhadap pencalonan Jokowi-JK pada Pilpres 2014 ini.

“Saya sangat bahagia dan mohon doa restu kepada masyarakat untuk mendukung Jokowi menjadi Presiden RI,” kata Sujiatmi.

Menurut Sujiatmi, bahwa dirinya bersama kedua saudaranya dilahirkan di desa terpencil ini, dan daerah paling minus di wilayah Boyolali.

Namun, Jokowi dilahirkan di Kota Solo, tepatnya di Rumah Sakit Brayat Minulyo Solo.

“Saya bersama suami, Noto Miharjo pada 1959, kemudian pindah di Kota Solo. Jokowi masih sering mengunjungi di tempat ini,” kata Sujiatmi.

Menurut dia, dirinya dilahirkan oleh orang tuanya pasangan suami/istri Wirorejo dan Sani atau eyang Jokowi, yakni seorang pedagang kayu dari Dusun Gumukrejo, Giriroto.

Bupati Boyolali Seno Samodro, mengatakan, bahwa dirinya mengenal Jokowi terlahir seorang rakyat biasa, jujur, sederhana dan cerdas. Jokowi memang dilahirkan dari rakyat untuk memimpin rakyat.

“Jokowi sebelum mencalonkan sebagai Presiden RI, Beliau pernah menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, Gubernur DKI Jakarta. Capres di Indonesia sejarah baru kali ini,” kata Seno Samodro.

Menurut Seno, hal tersebut seperti yang terjadi pada Pilpres di Amerika Serikat. Sebagian besar Presiden AS dari mantan Senator atau Gubernur.

“Saya kagum rakyat Boyolali luar biasa memberikan dukunganya kepada pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-JK. Saya berharap jika Jokowi-JK menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI, masyarakat di daerah ini khususnya akan lebih baik dan Indonesia pada umumnya, ” kata Seno.

Sementara Pilpres 2014 diikuti dua pasangan calon presiden-cawapres, yakni nomor satu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang diusung Partai Gerindra, PAN, Golkar, PKS, PPP, dan PBB serta nomor dua Jokowi-JK diusung PDI Perjuangan, NasDem, PKB, Hanura, dan PKPI.  (B018/A029)

Editor: B Kunto Wibisono