Ribuan WNI di Dubai gunakan hak pilihnya

Ribuan WNI di Dubai gunakan hak pilihnya

London (ANTARA News) – Sebanyak 1.659 warga Indonesia menggunakan hak suaranya dalam pemungutan suara Pilpres 2014 di Dubai di tengah suhu udara ekstrem 45 derajat celcius dan sedang menjalankan ibabah puasa Ramadhan.

Panasnya udara Dubai tidak mengurangi antusiasme warga untuk menyalurkan hak suaranya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilpres 2014 di KJRI Dubai, demikian Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai, Adiguna Wijaya, kepada ANTARA London, Minggu.

Dia mengatakan, terdapat lonjakan signifikan jumlah masyarakat Indonesia yang datang ke 3 TPS dibandingkan dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif tanggal 4 April lalu.

Sebanyak 1.659 orang WNI telah menyalurkan hak suara mereka secara langsung di TPS dalam Pilpres tahun ini, dibandingkan dengan 1.072 orang pada Pileg yang lalu.

Para WNI yang memilih berasal dari 6 wilayah kerja KJRI Dubai, yaitu Dubai, Sharjah, Ajman, Umm Al Quwain, Ras Al Khaimah dan Fujairah.

Proses penyaluran suara berlangsung dengan lancar, tertib dan sistematis. Kelancaran proses pemungutan suara turut didukung oleh kinerja prima segenap masyarakat Indonesia yang menjadi anggota PPLN Dubai, KPPSLN, dan relawan serta dipantau langsung oleh Panwaslu Dubai.

Proses perhitungan suara akan dilakukan serentak dengan 130 PPLN lainnya di 96 negara pada 9 Juli 2014, hari yang sama dengan perhitungan suara di Indonesia.

Selain karena masyarakat lebih mengenal para Capres, tingginya minat para warga untuk menyalurkan hak suaranya ini didorong pula oleh upaya sosialisasi penyebarluasan informasi seputar Pemilu 2014 yang gencar dilakukan oleh PPLN Dubai dan KJRI Dubai sejak tahun 2013.

Beragam upaya dilakukan, baik secara langsung dalam forum pertemuan masyarakat dan pelayanan kekonsuleran KJRI Dubai, maupun pemanfaatan teknologi informasi secara maksimal, antara lain melalui laman PPLN Dubai, surat elektronik, jejaring sosial dan SMS yang menjangkau WNI yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) Dubai.

Layanan Push-SMS PPLN Dubai ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan di antara PPLN lain di seluruh dunia.

Tercatat sejumlah 8.041 orang terdaftar dalam DPTLN Dubai untuk Pilpres 2014 kali ini, yang terdiri dari 2.874 orang laki-laki dan 5.167 orang perempuan.

Namun dalam Pilpres 2014 ini sebanyak 883 orang pria dan 776 orang wanita hadir di TPS menyalurkan hak suaranya.

Kegiatan Pilpres juga dimanfaatkan sebagai forum silaturahim sesama warga Indonesia yang hadir di TPS.

Editor: Suryanto

Related Posts

No comments