Jakarta (ANTARA News) – Pebalap Honda Marc Marquez, yang start dari posisi lima, berhasil merebut podium tertinggi di MotoGP Valencia, Spanyol, Minggu, untuk yang ke-13 kalinya musim ini, sementara sang veteran Valentino Rossi merebut tempat kedua.

Marquez mengakhiri 30 lap balapan dengan catatan waktu 46 menit 39,627 detik, sedangkan pebalap Yamaha Valentino Rossi hanya 3,516 detik di belakangnya.

Pada lap ke-11 Marquez mengambil inisiatif dan memimpin setelah melewati Rossi, yang start di posisi terdepan, dan Iannone dari Pramac Racing.

Pada pertengahan lap, Iannone membuat kesalahan dan masuk ke perangkap kerikil pinggir lintasan sehingga ia tertinggal dari kelompok terdepan.

Hasil itu mungkin tidak mengejutkan bagi Marquez, tapi untuk Rossi pencapaian di Valencia merupakan pencapaian berarti. Setelah paceklik juara bersama Ducati, Rossi kini kembali beberapa kali berdiri di podium bersama tim lamanya, Movistar Yamaha MotoGP.

Podium juara ketiga MotoGP Valencia kali ini direbut oleh rekan Marquez dari tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, dengan mencatatkan waktu terpaut agak jauh, 14,040 detik, dari catatan waktu sang tercepat, Marquez.

Tim Ducati juga sedikit berbangga karena dua pebalapnya, Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow, merebut tempat keempat dan kalima di Valencia.

Tempat keenam diisi pebalap Monster Yamaha Tech 3 Pol Espargaro.

Seri Valencia bukan keberuntungan bagi rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, yang harus menyerah pada lap 26 karena masalah ban, setelah sempat berganti motor pada lap 20 bersama Iannone, pebalap Pramac Racing yang akhirnya finish di posisi 22.

Yonny Hernandez dari Energy TI Pramac Racing terpaksa keluar dari lintasan sejak awal balapan karena masalah teknis.

Suzuki yang kembali MotoGP juga berakhir kurang memuaskan, dimana pebalapnya Randy De Puniet (Team Suzuki MotoGP) juga tidak melanjutkan balapan.

Bradley Smith dari Monster Yamaha Tech 3 mengalami kecelakaan kecil, tapi mampu kembali ke lintasan dan menyelesaikan balap di urutan ke-14, demikian mengutip laman resmi MotoGP, Minggu malam.

Editor: Suryanto