Alfamart Alfamidi
Laporan kuartal 3 partisipasi pelanggan melalui Pundi Amal

Jakarta (ANTARA News) – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) pengelola Alfamart dan Alfamidi konsisten menjalankan kegiatan sosial pada berbagai bidang. Dalam menjalankan kegiatan sosial, SAT menerapkan konsep Corporate Social Responsibility dan Corporate Caused Promotion (CCP) yakni melibatkan partisipasi pelanggan dalam kegiatan sosial yang dijalankan Perusahaan.

Program CSR yang dijalankan SAT mengacu pada enam pilar yaitu bidang Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (SMEs), Pendidikan (Smart), Sosial (Care), Olahraga (Sport), Lingkungan Hidup (Clean and Green), dan Seni Budaya (Vaganza).

“Kami memiliki visi menjadi Toko Komunitas yang bertujuan agar keberadaan Toko Alfamart Alfamidi memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat di sekitarnya. CSR merupakan hal yang penting bagi kami, karena dengan diadakannya kegiatan CSR dapat meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat sehingga keberadaan perusahaan bisa diterima dengan baik,” papar Corporate Affairs Director SAT, Solihin.

Pada Semester I Tahun 2014, SAT telah menjalankan kegiatan CSR di bidang pendidikan melalui program Alfamart Class yang dilaksanakan untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Perusahaan bekerja sama dengan pemerintah guna menyusun materi pendidikan di bidang ritel. Lulusan SMK dari Program Alfamart Class diharapkan memiliki kompetensi di bidang ritel dan siap kerja, sehingga dapat menjawab kebutuhan tenaga kerja pada industri ritel. Bahkan diharapkan melahirkan entrepreneur baru di bidang ritel. Alfamart Class telah dilaksanakan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kota Banjarmasin dan Pemerintah Kota Banjarbaru.

Perusahaan juga menjalankan program CSR dalam bidang Usaha Kecil dan Menengah yaitu membina pedagang kecil di sekitar toko melalui keanggotaan Outlet Binaan Alfamart (OBA). Dengan menjadi anggota OBA, para peritel tradisional atau pemilik usaha warung memperoleh kemudahan mendapatkan barang, dengan harga yang kompetitif, serta mendapatkan pelatihan ritel modern. Pelatihan itu menjadi bekal dalam mengembangkan ritel tradisional, agar mudah beradaptasi dengan perkembangan bisnis ritel. Hingga Juli 2014, sebanyak 128.066 pedagang tergabung ke dalam OBA dan terdapat 209 Warung Renovasi. Warung Renovasi merupakan warung milik anggota OBA yang telah mendapatkan bantuan renovasi.

Selain program Alfamart Class dan OBA, perusahaan juga konsisten menjalankan beragam program sosial antara lain donor darah, pasar murah, khitanan gratis, edukasi di bidang kesehatan dan kegiatan lainnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian serta respons terhadap lingkungan sekitar.

Peran serta pelanggan

Aktivitas sosial yang dijalankan juga dengan melibatkan pasrtisipasi pelanggan melalui program donasi di kasir, atau yang dikenal sebagai pundi amal. Menurut Solihin, program sosial yang dijalankan dalam pundi amal bertujuan mendorong perbaikan kualitas hidup manusia, terutama bagi para keluarga pra-sejahtera baik dari sisi pemberdayaan, infrastruktur maupun kesehatan. Keterlibatan para pelanggan memungkinkan lebih banyak masyarakat pra sejahtera yang mendapatkan bantuan“ ucap Solihin.

Pada periode 16 Desember 2013 – 15 Januari 2014 perusahaan menjalankan program donasi “Sahabat Usaha Wanita” yang dilaksanakan bekerja sama dengan Yayasan Sahabat Wanita. Hasil donasi yang terkumpul mencapai Rp 604.798.499. Hasil donasi seluruhnya diserahkan kepada  Yayasan Sahabat Wanita, untuk digunakan dalam program pemberdayaan ekonomi perempuan. Upaya pemberdayaan ekonomi yang dilakukan yakni kegiatan pemberdayaan Usaha Budidaya lele Sangkuring di desa Gadog, Kab. Bogor, usaha pemberdayaan pembuat kerupuk ketuncar Kel. Tarogong, Kab. Garut serta Usaha Kombinasi Sulam Tapis dan Sulam Usus, Kota Metro, Provinsi Lampung.

Pada periode 16 Januari – 15 Februari 2014, perusahaan menjalankan program pundi amal yang berfokus di bidang kesehatan yakni program “Rumah Singgah Alfamart-Alfamidi”. Hasil donasi sebanyak 1.579.701.364 telah digunakan untuk mendirikan Rumah Singgah bagi anak penderita kanker dan keluarga pendampingnya, serta menyelenggarakan Seminar Kanker pada Anak  yang diikuti oleh tenaga medis Puskesmas.

Pada periode 16 Februari – 15 Maret 2014 diselenggarakan program donasi “Bright Eyes, Bright Future” yang bertujuan memberikan fasilitas kesehatan mata bagi 10.000 anak-anak Indonesia. Hasil donasi mencapai Rp 1.843.058.887, seluruhnya diserahkan kepada Yayasan Berani Bhakti Bangsa, selaku mitra SAT untuk disalurkan dalam kegiatan pemeriksaan mata dan pembagian kaca mata gratis bagi anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Perusahaan juga kembali bekerja sama dengan Yayasan Lions Club Indonesia dalam program pundi amal “Mataku Sehat” yang juga bertujuan membantu memerangi gangguan penglihatan melalui pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis. Program pundi amal yang dijalankan pada periode 16 Maret-15 April 2014, berhasil mengumpulkan donasi hingga Rp 1.896.103.722. Hasil donasi disalurkan untuk membantu 12.000 anak-anak di berbagai komunitas agar  memperoleh penglihatan yang lebih baik.

Adapun dalam bidang pendidikan, perusahaan bersama dengan UNICEF menjalankan program pundi amal “Sahabat Pendidikan Anak Indonesia” pada periode 16 April-15 Mei 2014. Hasil donasi yang mencapai Rp 1.907.671.179 akan disalurkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak melalui Mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia yang akan dilaksanakan di 6 Provinsi yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Tahun 2014 juga menjadi tahun kedua perusahaan menyelenggarakan program pundi amal “Rumah untuk Indonesia” yang dilaksanakan bekerja sama dengan Habitat for Humanity (HFH) Indonesia. Hasil donasi dari program pundi amal yang dilaksanakan pada periode 16 Mei – 15 Juni 2014 mencapai Rp 1.880.671.053. Donasi yang diperoleh disalurkan oleh HFH guna membangun 65 unit Rumah Layak Huni di Desa Kalialang Baru, Semarang, Jawa Tengah.

Dalam program donasi “Jembatan Untuk Masa Depan”, perusahaan kembali bermitra dengan Yayasan Relawan Kampung Indonesia. Hasil donasi pada periode 16 Juni – 15 Juli 2014 mencapai Rp 1.956.098.825 akan disalurkan untuk membangun 24 jembatan di berbagai pelosok di Indonesia.

Pada periode donasi 16 Juli – 30 Juli 2014, perusahaan bekerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation – School Development Outreach (PSF – SDO) untuk program donasi “Sekolah Binaan Alfamart-Alfamidi”. Hasil donasi yang terkumpul mencapai Rp 1.632.551.096 akan digunakan untuk peningkatan kualitas pendidikan agar sekolah-sekolah yang tertinggal menjadi setara dengan sekolah-sekolah unggulan melalui peningkatan kualitas tenaga pengajar melalui pelatihan yang diikuti oleh seluruh guru di setiap sekolah. Program ini akan dilaksanakan pada 3 SD di wilayah Tangerang.

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI, perusahaan pada periode  1 Agustus – 15 Agustus 2014 menyelenggarakan program donasi “Sahabat Veteran” yang dilaksanakan bekerja sama dengan Yayasan Sahabat Veteran. Donasi yang terkumpul akan dikelola oleh Yayasan Sahabat Veteran untuk disalurkan untuk membantu 1.000 veteran di lima kota besar yakni Surabaya, Solo, Jakarta, Bogor dan Palembang.  (*)

COPYRIGHT © 2014